Persebaya Habiskan Rp20 M untuk Belanja Pemain

Foto: Persebaya

Surabaya, Sayangi.com – Manajemen Persebaya Surabaya menghabiskan dana lebih kurang Rp20 miliar untuk belanja pemain, termasuk kontrak dan gaji, dalam menghadapi kompetisi Indonesia Super League 2014.

Direktur Utama PT Mitra Muda Inti Berlian (perusahaan pengelola Persebaya) Diar Kusuma Putra kepada wartawan di Surabaya, Senin, mengatakan hingga saat ini, pihaknya sudah mengontrak sebanyak 25 orang pemain, termasuk tiga pemain asing asal Kamerun.

“Kami masih menunggu keputusan dari ‘Coach’ RD (panggilan untuk pelatih Persebaya Rahmad Darmawan, red) mengenai kemungkinan menambah pemain lagi, karena saat ini memang ada beberapa pemain yang masih proses seleksi,” ujarnya di sela-sela persiapan peluncuran tim Persebaya 2014.

Dari 25 orang pemain yang telah direkrut Persebaya, beberapa pemain yang nilai kontraknya sangat tinggi, antara lain Greg Nwokolo dan tiga pemain asing, yakni Patrice Nzekou, Emmanuel Kenmogne dan Daniel Monchare.

Menurut Diar, maksimal timnya akan merekrut 28 orang pemain. Namun, apabila pelatih menganggap komposisi 25 pemain yang ada sekarang sudah cukup memadai, proses perekrutan akan ditutup.

“Saat ini kami sedang menunggu kedatangan Ricardo Salampessy (mantan pemain Persipura Jayapura) untuk tanda tangan kontrak. Rencananya, dia akan datang ke Surabaya sehabis merayakan Natal,” tambah Diar.

Sedangkan pelatih Rahmad Darmawan yang baru saja selesai menjalankan tugas bersama Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2013 di Myanmar, dijadwalkan mulai menangani Persebaya pada awal Januari 2014.

Selama satu bulan terakhir, termasuk dalam turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2013, tim Persebaya untuk sementara ditangani tiga asisten pelatih, masing-masing Tony Ho, Francis Wawengkang dan Hendro Kartiko (pelatih kiper).

Secara keseluruhan, lanjut Diar Kusuma, manajemen “Bajul Ijo” mengalokasikan anggaran sekitar Rp35 miliar untuk membiayai operasinal tim pada kompetisi ISL 2014.

Guna menyokong kebutuhan anggaran tersebut, manajemen Persebaya telah dan sedang menjajaki kerja sama dengan sejumlah perusahaan untuk menjadi “sponsorship”. Salah satu yang sudah menjalin kerja sama adalah perusahaan peralatan olahraga “Specs” sebagai penyedia “jersey” (kostum) dan kebutuhan lainnya.

“Pembicaraan dengan beberapa sponsorship lainnya masih terus kami matangkan. Yang jelas, banyak perusahaan yang tertarik bergabung dengan Persebaya,” tambah Diar Kusuma.

TIM PERSEBAYA DILUNCURKAN 5 JANUARI 2014

Tim Persebaya Surabaya yang berlaga di kompetisi Indonesia Super League 2014 rencananya diluncurkan dan diperkenalkan secara resmi kepada publik di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pada 5 Januari 2014.

Ketua Panitia Peluncuran Tim Persebaya, M Ali Afandi, di Surabaya, Senin, mengatakan acara peluncuran tim berjuluk “Bajul Ijo” itu dimeriahkan sejumlah grup band dan artis ibukota, antara lain Armada, Last Child, Setia Band, Five Minutes, Juwita Bahar, Julia Perez, dan Gading Marten.

“Beragam acara menarik kami siapkan untuk meramaikan peluncuran tim Persebaya, mulai karnaval bonekmania (suporter Persebaya) hingga pertunjukan musik,” katanya, didampingi Direktur Utama PT Mitra Muda Inti Berlian (perusahaan pengelola Persebaya), Diar Kusuma Putra.

Menurut dia, karnaval mengelilingi pusat kota Surabaya tersebut, akan melibatkan ribuan bonek yang mewakili 30 hingga 40 koordinator wilayah di Surabaya dan beberapa daerah sekitar.

“Karnaval ini bertujuan mendekatkan Persebaya dengan seluruh masyarakat Surabaya dan bonek. Peserta karnaval bisa pakai sepeda motor, mobil, becak, motor roda tiga atau sepeda kuno, dengan kreativitas sendiri-sendiri yang mencirikan tim Persebaya,” ujar Ali Afandi yang juga Direktur Pemasaran Persebaya.

Selain karnaval, panitia juga menggelar pertandingan persahabatan yang mempertemukan legenda atau mantan pemain Persebaya dengan Persib Bandung di Stadion Gelora 10 Nopember, Tambaksari, Surabaya, pada pagi harinya.

Sementara untuk peluncuran tim di Stadion Gelora Bung Tomo, suporter akan dihibur pertandingan eksibisi antara Persebaya melawan Persib, yang sama-sama akan berkompetisi di ISL 2014.

“Sebelum laga eksibisi, pemain dan jajaran pelatih Persebaya akan diperkenalkan secara resmi ke suporter, beserta kostum musim 2014. Di acara itu juga akan ada pemecahan rekor MURI untuk spanduk raksasa berukuran selebar lapangan sepak bola yang disiapkan teman-teman bonek,” tambah Ali Afandi.

Sementara itu, Direktur MMIB Diar Kusuma Putra menambahkan persiapan tim Persebaya untuk menghadapi kompetisi ISL 2014 sudah dilakukan sejak November lalu, termasuk mengikuti turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2013 sebagai ajang pemanasan.

Pada turnamen yang digelar sejak 15 Desember lalu, Persebaya sukses melaju ke babak final dan akan bertemu dengan Arema Cronus pada Selasa (24/12).

“Hingga saat ini, kami sudah mengontrak sekitar 25 orang pemain dan menghabiskan anggaran lebih kurang Rp20 miliar untuk belanja pemain. Kami tidak mau setengah-setengah dalam merekrut pemain, karena targetnya bisa merebut juara ISL musim depan,” katanya.

Beberapa pemain top yang dikontrak Persebaya, antara lain Ferry Rotinsulu, Jendry Pitoy (keduanya kiper), Greg Nwokolo, Ambrizal, M Ilham, dan empat pemain Timnas U-23, yakni Fandi Eko Utomo, Alfin Tuasalamony, Manahati Lestusen, dan Dedi Kusnandar.

Untuk pemain asingnya adalah Emmanuel Kenmogne, Patrice Nzekou dan Daniel Monchare yang semuanya berasal dari Kamerun.

Berita Terkait

BAGIKAN