Presiden & Patrialis Bisa Banding ke PT TUN dan Kasasi ke MA

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Patrialis Akbar dapat mengajukan banding dan kasasi atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang membatalkan Keppres tentang pengangkatan Patrialis sebagai hakim konstitusi di MK.

“Peluangnya untuk menang baik pada banding maupun kasasi sangat besar,” ujar pakar hukum tata negara Margarito Kamis kepada Sayangi.com di Jakarta, Selasa (24/12).

Margarito menjelaskan, banding dilakukan di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN). Proses ini memakan waktu paling cepat 6 bulan. Jika di tingkat bading kalah, Presiden atau Patrialis dapat mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Menurut Margarito, putusan PTUN yang membatalkan Keppres pengangkatan Patrialis sebagai hakim konstitusi belum dapat dilaksanakan karena belum ada kekuatan hukum tetap atau incraht. Selama itu pula, Patrialis masih tetap dapat menjalankan tugasnya sebagai hakim konstitusi.

Sebagaimana diberitakan, PTUN telah mengabulkan gugatan atas Keppres pengangkatan Patrialis seebagai hakim konstitusi. Gugatan tersebut diajukan oleh Koalisi Masyarakat Sipil Selamatkan MK yang merupakan gabungan dari YLBHI dan ICW.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN