Mensos Berharap 2014 Tidak Ada Lagi Anak-anak di Jalanan

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Kementerian Sosial membuat Program Keluarga Harapan. Program tersebut berintikan bantuan terhadap keluarga-keluarga kurang mampu yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kali ini Program Keluarga Harapan membantu 2.400 rumah tangga sangat miskin. Program ini direalisasikan dengan memberi bantuan tunai langsung bersyarat.

“Di Brazil pernah ada. Kita belum seperti di Brazil. Kita baru memberikan per bulan Rp 150 ribu. Bukan hanya bantuan uang, tapi juga rumahnya diperbaiki,” kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri dalam acara Refleksi Kinerja Kemensos 2013 dan Ekspektasi 2014 di kantor Kementerian Sosial (Kemensos) Jakarta, Selasa (24/12).

“Hampir 42 persen itu rumah tidak layak huni. Harapan kita mulai tahun ini sudah ada perbaikan,” lanjutnya.

Salim mengklaim program ini sangat berguna dan selama ini tidak pernah meleset dan tepat sasaran. Terbukti dengan tidak adanya keluhan masyarakat.

Selain itu, Salim juga berbicara soal penanganan lansia yang diharapkan akan ada akselerasi ke depan. Baginya, program pemberdayaan dan perhatian pada lansia sudah terlaksana dengan baik di masyarakat. Sebagai buktinya adalah keterlibatan masyarakat.

“Yang membuat saya senang adalah keikutsertaan masyarakat dalam penanganan lansia ini,” tandasnya.

Terkait anak jalanan, Salim masih sangat prihatin. Penyebabnya hingga kini masih saja ada anak-anak usia sekolah yang berada di jalanan. Untuk itu dia berharap agar pada 2014 tidak ada lagi anak-anak di jalanan.

“Jangankan di jalanan, di rumahpun anak bisa disakiti. Di rumah saja tidak aman, apalagi di jalanan,” ujarnya.(GWH)