Malam Tahun Baru, 1.299 Petugas Kebersihan Disebar

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengerahkan ribuan petugas kebersihan untuk membersihkan sampah sisa pesta malam perayaan tahun baru 2014.

“Pada malam pergantian tahun, kita akan menurunkan sebanyak 1.299 petugas kebersihan yang disebar di enam lokasi perayaan pesta tahun baru di ibu kota,” kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Unu Nurdin di Jakarta, Selasa (24/12).

Menurut Unu, keenam lokasi tersebut, antara lain di kawasan Monas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ancol, Taman Fatahillah hingga Kota Tua, Taman Margasatwa Ragunan dan Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

“Enam lokasi itu diperkirakan akan menjadi titik kumpul massa pada malam pergantian tahun, sehingga kita kerahkan petugas sebanyak mungkin agar pada pagi harinya, setelah perayaan, sudah tidak ada lagi sampah berserakan,” ujar Unu seperti dilansir Antara.

Dia menuturkan sebanyak 100 petugas kebersihan, 10 unit truk sampah dan 10 unit mobil toilet akan disiagakan di kawasan Monas. Sedangkan, di TMII akan dikerahkan sebanyak 50 petugas, dua truk sampah, dua mobil pick-up, dua street sweeper dan dua mobil toilet.

Kemudian, sebanyak 156 petugas, 23 truk sampah dan dua mobil toilet ditempatkan di kawasan Ancol. Lalu, di Taman Fatahillah sampai Kota Tua diturunkan 393 petugas, 51 truk sampah dan satu mobil toilet.

Selanjutnya, di Taman Margasatwa Ragunan akan dikerahkan sebanyak 200 petugas, 10 truk sampah serta dua mobil toilet.

“Sementara itu, khusus untuk Jakarta Night Festival (JNF) di sepanjang Jalan Sudirman sampai Jalan MH Thamrin, kita akan turunkan sebanyak 330 petugas, 20 pengawas, 22 truk sampah, 32 gerobak motor, empat street sweeper dan enam mobil toilet,” tutur Unu.

Dalam kegiatan JNF tanggal 31 Desember 2013, dia mengungkapkan para petugas akan disiagakan mulai pukul 21.00 WIB. Kemudian, diharapkan pada 1 Januari 2014 pukul 06.00 WIB tidak ada lagi sampah berceceran di sepanjang lokasi festival itu.(GWH)