Ini Dia Masjid Unik yang Terbuat dari Lumpur

Foto: Nextriptourism

Afrika Barat, Sayangi.com – Masjid dengan material bata, semen ataupun beton rasanya terdengar lumrah. Tapi bagaimana bila masjid dibangun dengan menggunakan material lumpur?

Inilah yang terjadi dengan Masjid Djenne. Masjid unik yang terletak di Mali, Afrika Barat ini rupanya sudah dibangun sejak 1907, namun hingga kini masjid ini masih berdiri kokoh, dan masih berfungsi dengan baik.

Karena keunikannya, masjid ini termasuk dalam situs sejarah dunia UNESCO dan menjadi destinasi favorit di Afrika Barat.

Dalam buku “101 Historic Hideaways” disebutkan, Kota Tua Djenne terkenal sebagai pusat penyebaran Islam. Salah satu ikonnya adalah Masjid Djenne yang terbuat dari material bata lumpur. Masjid Djenne ini juga didaulat sebagai bangunan lumpur terbesar di dunia.

Lumpur yang digunakan untuk membangun masjid seluas 5.625 meter persegi ini bukanlah lumpur sembarangan. Bata lumpur yang digunakan adalah jenis ferey, yang dalam pembuatannya, lumpur atau ferey tersebut dikeringkan terlebih dahulu dengan menggunakan panas matahari. Tak hanya bangunan dasarnya, dinding masjid ini pun ikut diplester dengan lumpur. Untuk menahan berat masjid, dan melindungi bagian dalamnya dari sinar matahari, dinding lumpur dibuat dengan ketebalan sekitar 40 cm-60 cm.

Masjid kebanggan masyarakat Djenne ini dapat menampung sekitar 3000 jama’ah. saat siang hari dinding masjid akan terasa hangat, dan pada malam hari perlahan-lahan menjadi dingin. Kesan sejuk juga tersirat dari struktur kayu yang menopang bangunan masjid ini.

Sayangnya, masjid ini rentan terkena banjir saat musim hujan tiba, lantaran letaknya sangat dekat dengan Sungai Bani. Namun, saat musim semi tiba, ribuan penduduk Djenne akan melakukan plester ulang masjid ini dengan lumpur yang sudah dicampur dengan sekam. (MI)

Berita Terkait

BAGIKAN