JK Liburan Bawa Keluarga Keliling 10 Kabupaten

Makassar, Sayangi.com – Mantan Wakil Persiden HM Jusuf Kalla (JK) memboyong keluarga besarnya tour wisata desa-desa dan dusun 10 Kabupaten di Sulawesi Selatan, Selasa (24/12), pada liburan akhir tahun ini.

JK bersama sejumlah anak dan cucu melakukan wisata di sejumlah wilayah salah satunya di tambak milik istrinya di Dusun Tamalabba, Desa Punaga, Kecamatan Takalar, Sulsel, untuk memanen udang bersama-sama koleganya.

“Keliling Sulawesi Selatan, disamping itu mengajak anak dan cucu melihat ekonomi di Sulsel. Kebetulan melihat empang ibunya, supaya dilihat bagaimana mengelola itu agar anak-anak dari Jawa tahu bagaimana cara bekerja, kan sambil jalan jalan,” kata Ketua PMI Pusat ini.

Ketua Dewan Masjid Indonesia ini menuturkan, dari pada liburan ke Bali dan luar negeri akan lebih menarik mengunjungi daerah-daerah di Sulawesi Selatan.

“Ternyata di Sulawesi lebih menarik, keliling Sulawesi kira kira ada 10 kabupaten,” ucap JK didampingi istrinya Mufida Kalla.

Tambak tersebut dikerjakan 50 orang dengan luas 30 hektar isi 38 kolam tambak. Satu kali panen mencapai 10 ton dengan estimasi satu kilo berisikan 50 ekor udang seharga Rp100.200, dikirim ke Surabaya dan luar Indonesia.

Sebelum tiba di Takalar, JK bersama rombongan telah berkunjung ke Malino, Kabupaten Gowa. Disana mereka mendatangi tempat-tempat sejarah perundingan Malino untuk membahas perdamaian yang berbau SARA di Poso dan Ambon sehingga keluarnya perjanjian Malino.

“Tadi sempat jalan-jalan ke tempat perundingan Malino, bagus untuk dipelajari mereka anak cucu bagaimana cara menyelesaikan perdamaian, sekaligus melihat pemandangan alam yang indah disana,” tuturnya.

Setelah Malino Gowa, Manggarombang Takalar, rombongan kemudian bertolak di Kabupaten Bantaeng dan rencananya bermalam disana bersama 33 orang anggota rombongan.

Rencananya JK bersama rombongan keluarganya akan keliling sedikitnya ke 10 kabupaten di Sulsel setelah Gowa, Takalar, Jeneponto, kemudian menyusul Bantaeng, Bulukumba, Bone, Soppeng, Wajo dan berakhir di Parepare selama empat hari 23–27 Desember 2013. (Ant)