Madrid Terancam Jual Ronaldo dan Bale

Foto: Real Madrid

Madrid, Sayangi.com – Penyelidikan Uni Eropa terhadap tujuh klub asal Spanyol termasuk Barcelona dan Real Madrid oleh media Inggris, Mirror, menyita perhatian publik.

Dalam penyelidikan dicurigai kedua klub raksasa Spanyol itu, telah menerima bantuan dari pemerintah dengan berbagai modus. Salah satunya adalah dengan sistem tukar guling tanah. Madrid melakukan pertukaran tanah dengan pemerintah kota Madrid pada tahun 1992. Madrid mendapatkan satu bagian tanah yang ketika itu harganya 350 ribu pound.

Beberapa waktu lalu pemerintah kota Madrid mengatakan bahwa tanah itu bukan milik mereka dan memberikan ganti rugi sebesar 20 juta pound kepada El Real. Selain itu, masih ada berbagai model lain yang dipakai, termasuk keringanan pajak.

Menurut The Mirror, jika pemerintah Spanyol terbukti bersalah memberikan bantuan keuangan kepada Madrid, maka imbasnya akan sangat besar. Uni Eropa dan UEFA mau tak mau harus memaksa Madrid untuk mengembalikan semua dana bantuan yang sudah mereka terima – plus bunganya yang besar.

Jika skenario terburuk itu yang terjadi, maka Madrid harus membayar cukup mahal. Ditambah dengan utang mereka yang sudah cukup besar, Madrid diprediksi harus melepas aset cair yang mereka miliki. Aset cair terbesar Madrid saat ini adalah Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo. Dua pemain itu yang bisa ‘diuangkan’ dengan cepat dibandingkan aset-aset lainnya.

Menurut Emily O’Reilly, ombudsman Uni Eropa,  dana bantuan yang diterima klub-klub Spanyol sudah mencapai angka miliaran euro. Artinya, semua klub Spanyol yang juga diselidiki Uni Eropa (Barcelona FC, Elche, Valencia, Osasuna, Athletic Bilbao, dan Hercules) terancam dengan hukuman yang sama meski dalam jumlah uang yang berbeda. Di mata UEFA, hal ini mencederai keadilan, terutama karena mereka akan segera menerapkan aturan Financial Fair Play.