PBB Akan Kirim 5.500 Pasukan ke Sudan Selatan

Foto: AP

Juba, Sayangi.com – Semua anggota Dewan Keamanan PBB mendukung usul untuk mengirim 5.500 orang pasukan penjaga keamanan ke Sudan Selatan.

Voice of America (VOA) menyebut, pengiriman ribuan pasukan keamanan itu ditujukan untuk melindungi warga sipil dari aksi-aksi kekerasan yang semakin ganas dikawasan itu. Dewan Keamanan PBB hari Selasa (24/12) kemarin waktu setempat juga memutuskan untuk memindahkan pasukan dari berbagai misi PBB di Afrika ke Sudan Selatan, sesuai dengan usual Sekretaris-Jenderal PBB Ban Ki-Moon.

Sementara itu, Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Samantha Power mengatakan, Sudan Selatan menghadapi bahaya besar, dan para pemimpinnya bisa memilih apakah akan berunding atau membiarkan negara itu pecah berantakan. Presiden Sudan Selatan Salva Kiir kemarin mengadakan pertemuan dengan utusan khusus Amerika Donald Booth dan mengatakan ia bersedia mengadakan perundingan dengan bekas wakil presiden Riek Machar tanpa syarat apapun.

Menurut catatan PBB, 100.000 orang terpaksa mengungsi karena aksi-aksi kekerasan yang terjadi antara pendukung Presiden Salva Kiir dan pendukung mantan Wakil Presiden Riek Machar. (MSR)

Berita Terkait

BAGIKAN