Bulog Sumbar Beli Beras Lokal 8.200 Ton

Antara

Padang, Sayangi.com – Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Barat menyatakan, selama 2013 periode Januari hingga awal Desember berhasil membeli beras lokal sebanyak 8.200 ton sebagai bagian persediaan beras di gudang logistik.

Kepala Divisi Regional Bulog Sumbar Abdullah Jawas, melalui Kasi TU Umum Bulog Sumbar Saidi di Padang, Rabu (25/12), mengatakan, sejak Januari hingga akhir November 2013, hasil panen petani telah dibeli oleh Bulog sebanyak 8.200 ton, dengan jenis medium, sebagai bagian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Sumbar kalau kita lihat merupakan daerah yang kaya akan hasil hasil tanam gabahnya, namun dengan kualitas premium, dan kebutuhan lokal dapat terpenuhi, namun untuk jenis medium yang dibeli Bulog memang sedikit, petani yang menanam padi jenis itu,” kata Saidi.

Dia mengatakan, pemerintah daerah dan masyarakat sepatutnya dapat mempertahankan hasil panen mereka, agar ketersediaan padi terus mencukupi untuk wilayah ini.

Berdasarkan data Bulog Sumbar, target pembelian beras dari petani lokal mencapai 8.500 ton, dan dalam bulan ini diupayakan untuk terget tersebut dapat dicapai.

Beras medium yang dibeli dari petani lokal tersebut, dijelaskan Bulog, juga dipergunakan untuk pemenuhan kebutuhan beras miskin (Raskin), dan juga operasi pasar, atau kebutuhan mendesak lainnya di daerah itu.

Dalam program pembelian beras lokal, Bulog bekerja sama dengan berbagai pihak, mulai dari mitra penggilingan, satgas, dan Unit Bisnis Penggilingan Gabah Beras Bulog (UBPGB).

Beras yang dibeli dari petani lokal kemudian disubsidi, untuk dijual pada masyarakat yang mebutuhkan, dimana lahan pertanian yang menjadi sasaran pembelian beras tersebut ada di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupatan Sijunjung, Kabupaten Solok, Lubuk Sikaping, Kabupaten 50 Kota, dan Kabupaten Dhamasraya.

“Agar pembelian beras dari petani lokal di daerah ini dapat dipertahankan, ketersediaan lahan pertanian juga patut dijaga, supaya daerah ini tetap dapat memenuhi kebutuhan beras lokal,” ujarnya.

Dengan adanya pembelian beras lokal tersebut, saat ini jumlah persediaan beras di gudang Bulog Sumbar untuk kebutuhan 19 kabupaten dan kota mencapai 12.433.868 kilogram.

Sehubungan dengan itu, Badan Pusat Statistik Sumbar memperkirakan produksi padi di daerah itu mencapai 2.445.952 ton pada 2013, meningkat 3,27 persen dibandingkan dengan 2012 yang 2.368.390 ton. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN