Jokowi: Perbaikan Tanggul Jebol Tidak Sulit Bagi Orang Teknik

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Untuk memastikan kekuatan tanggul Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, yang beberapa waktu lalu jebol, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meninjau langsung perbaikan tanggul. Jokowi yakin perbaikan ini cepat selesai, karena dilakukan oleh-orang yang sangat kompeten di bidangnya.

Perbaikan tanggul dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum. Petugas melakukan perbaikan, karena tanggul mengalami kemiringan hingga 30 sentimeter, sehingga dikhawatirkan akan mengalami jebol kembali dan menggenangi kawasan Sudirman-Thamrin beberapa waktu lalu.

Jokowi menilai, kemiringan di lokasi tempat jebolnya tanggul tersebut cukup berbahaya bila hujan deras kembali mengguyur Jakarta. Namun demikian, Jokowi yakin pengerjaan tanggul dapat segera diselesaikan dalam waktu singkat.

“Tidak perlu tunggu hujan lagi, ini paling tiga hari rampung. Ini bukan sesuatu yang sulit untuk orang teknik,” kata Jokowi, di lokasi, Rabu (25/12/2013).

Jokowi menambahkan, pengerjaan perbaikan tanggul miring tersebut merupakan kewenangan Kementerian PU. Sehingga untuk detailnya, Jokowi tak mau ikut campur. Namun, dirinya optimis pengerjaan itu dapat selesai dalam waktu tiga hari.

“Ini kan ditopang kabel, diangkat, ini sih cepat, sebentar juga selesai, tidak akan roboh kok,” katanya, dikutip laman resmi Jakarta.

Pantauan di lapangan, beberapa alat berat disiagakan untuk mendukung pengerjaan tanggul. Tanggul tersebut pada Februari 2013 silam sempat jebol, karena debit air terlalu kencang. Akibatnya, Jalan Thamrin tergenang air selama beberapa hari.