Polda Babel Perketat Pengawasan Pelabuhan dan Bandara

Sayangi.com/Doc

Pangkalpinang, Sayangi.com – Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Bangka Belitung (Babel) memperketat pengawasan jalur masuk di pelabuhan dan bandara seiring meningkatnya kunjungan masyarakat selama Natal dan Tahun Baru 2014.

“Pengamanan di masing-masing pelabuhan dan bandara yang tersebar di kabupaten/kota lebih ditingkatkan untuk memberikan rasa aman dan mencegah peredaran barang-barang yang dilarang,” ujar Kabid Humas Polda Babel AKPB Riza Yulianto di Pangkalpinang, Rabu (25/12).

Ia menjelaskan, untuk menjaga keamanan, ketertiban masyarakat dan mencegah peredaran narkoba, senjata tajam, senjata api dan bom serta barang-barang yang dilarang lainnya, di masing-masing pelabuhan dan bandara dibangun posko pengamanan Operasi Lilin 2013.

“Saat ini kami sudah menempatkan 15 pesonel di masing-masing posko pengamanan di Pelabuhan Pangkalbalam, Pelabuhan Muntok, Pelabuhan Belinyu, Pelabuhan Tanjung Pandan, Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjung Pandan,” ujarnya.

Menurut dia, peredaran barang-barang yang dilarang dari luar daerah cukup rawan seiring meningkatnya kunjungan masyarakat dari luar untuk merayakan Natal dan Tahun Baru.

“Para petugas yang terdiri atas intel dan kepolisian berpakaian lengkap disebar di kawasan pelabuhan yang rawan tindak kriminal seperti pintu masuk pelabuhan, penjualan tiket, ruang tunggu dan pintu masuk ke kapal laut,” katanya.

Selain itu, juga membentuk pos pengaduan calon penumpang kapal di ruang tunggu Pelabuhan Pangkalbalam, sehingga para korban tindak kriminal di pelabuhan bisa langsung melapor kepada petugas.

“Petugas akan secepat mungkin mengambil tindakan apabila ada laporan tindakan kriminal dari calon penumpang kapal dan warga sekitar pelabuhan,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, diimbau calon penumpang kapal laut untuk meningkatkan kewaspadaan, tidak membawa barang yang berlebihan, membeli tiket pada agen resmi dan apabila mengalami tindakan kriminal segera melapor ke pos-pos keamanan terdekat.

“Untuk saat ini kami belum menemukan dan menerima laporan tindakan kriminal di pelabuhan dan bandara, namun demikian kami akan terus berupaya mengawasi dan mengantisipasi apabila ada gejala-gejala tindakan kriminal demi terciptanya situasi yang aman, nyaman, tertib dan lancar di kawasan pelabuhan dan bandara,” ujarnya. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN