Awal 2014, Cicil Rumah Murah Tak Pakai Uang Muka

Ilustrasi foto: creditsesame.com

Jakarta, Sayangi.com – Kabar gembira buat Anda yang belum sanggup beli rumah lantaran tak punya cukup dana untuk menyediakan uang muka. Awal tahun 2014, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) berencana menghapuskan uang muka untuk pembelian rumah rumah dan bersubsidi.

Namun Kemenpera menegaskan, pembebasan uang muka hanya untuk rumah pertama. Pembelian rumah kedua dan selanjutnya tetap mensyaratkan down payment (DP) minimal 30% sesuai peraturan yang berlaku.

Pembebasan uang muka rencananya mulai diterapkan awal 2014 dan Kementerian Keuangan sedang dalam proses harmonisasi kebijakan dengan otoritas terkait seperti Bank Indonesia. Skemanya, kalau mau beli rumah tidak memakai uang muka, jaminan gaji saja sudah cukup, kata Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Pihak BI, menurut Djan, telah mengkoordinasikan regulasi pembebasan uang muka kepada pihak perbankan. Nantinya, masukan dari kalangan perbankan akan menjadi pertimbangan. “BI sudah mengundang bank-bank pelaksana untuk dimintai masukan, sekarang tinggal menunggu keputusan BI. Kementerian Keuangan masih menggodok pembebasan pajak Pertambahan Nilai (PPN) rumah murah dan pajak tersebut nanti akan segera diajukan Kementerian Perumahan berdasarkan indeks kemahalan per wilayah, paparnya.

Pemerintah akan membebaskan uang muka rumah murah atau bersubsidi pada 2014. Hal ini merupakan insentif yang akan dikeluarkan sebagai kompensasi naiknya harga rumah murah dan lonjakan tingkat suku bunga perbankan saat ini. (MSR)