Arbi Sanit: Pakai Simbol Gus Dur, PKB Bisa Dibilang Pengkhianat

Foto: sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Komentar terhadap pemakaian gambar Gus Dur oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus bermunculan. Kali ini, pengamat politik Arbi Sanit yang angkat bicara.

Menurut Arbi, secara etika pemakaian gambar Gus Dur oleh PKB tidak dapat dibenarkan. Sebab, PKB pimpinan Muhaimin Iskandar pernah mencampakkan Gus Dur, deklarator PKB yang saat itu menjadi ketua dewan syuro.

“PKB Muhaimin bisa disebut pengkhianat Gus Dur. Dia menggunakan simbol-simbol Gus Dur jika menganggap itu menguntungkan. Tapi jika Gus Dur dianggap menjadi ancaman, akan dicampakkan,” ujar Arbi kepada Sayangi.com, Rabu (25/12).

Arbi mengaku dapat memahami langkah PKB menggunakan simbol-simbol Gus Dur. Sebab, tidak ada lagi strategi atau isu yang bisa dijual PKB untuk menjaring massa NU. Dengan cara itulah PKB dapat masuk ke basis massa NU.

“Sayangnya cara menggunakan simbol Gus Dur dilakukan secara ilegal karena tanpa izin keluarga Gus Dur,” tambah Arbi.

Seperti diberitakan, putri mantan presiden Abdurrahman Wahid memprotes langkah PKB yang memasang gambar Gus Dur untuk kampanye partai. Yenny menilai penggunaan gambar Gus Dur oleh PKB menunjukkan bahwa PKB pimpinan Muhaimin itu munafik. (S2)