Ukraina Tunggu 15 Miliar Dolar dari Rusia di Awal Januari

Foto: AP

Kiev, Sayangi.com – Ukraina mengharapkan program talangan sebesar 15 miliar dolar dari Rusia akan diterima seluruhnya awal tahun depan.

Voice of America (VOA) melaporkan, PM Ukraina Mykola Azarov hari Rabu (25/12) waktu setempat mengatakan hal itu setelah menerima kucuran dana 3 miliar dolar, sebagai bagian dari program dana talangan dari Pemerintah Rusia itu.

Rusia sepakat membantu Ukraina dengan membeli surat obligasi Pemerintah Ukraina, setelah negara itu membatalkan perjanjian perdagangan dengan Uni Eropa dan memperkuat hubungan dengan Rusia bulan lalu. Persetujuan Ukraina dengan Rusia itu memicu protes besar di Ukraina. Ratusan ribu orang berkumpul setiap akhir pekan di lapangan utama Kiev menuntut agar pemerintah mundur.

Presiden Viktor Yanukovich mengabaikan tuntutan para demonstran, karena selain mendapat dana talangan, Ukraina juga menerima diskon besar harga gas alam dari Rusia. PM Azarov hari Rabu mengatakan, pinjaman dari Rusia merupakan faktor penting dalam menstabilkan keuangan pemerintah dan perekonomian negara. (MSR)

Berita Terkait

BAGIKAN