Pesan Natal Snowden: Bertanya Lebih Irit daripada Menyadap

Foto: BBC

London, Sayangi.com – Mantan karyawan kontrak badan intelejen AS Edward Snowden menyerukan praktik penyadapan dihentikan. Hal itu dia sampaikan dalam pesan Natal yang disiarkan teve Channel 4, Inggris. Stasiun teve ini juga yang biasanya menyiarkan secara langsung pesan Natal Ratu Inggris.

Fokus pesan Natal Snowden adalah tentang hak kerahasiaan pribadi, seperti dikutip oleh Kantor Berita Inggris, BBC. Warga AS berusia 30 tahun itu kabur karena diburu aparat intelejen negara adidaya itu dan kini sementara menetap di Rusia. Pesan Natal sepanjang dua menit itu direkam di Rusia.

Ia merujuk novel George Orwell, “1984”, dengan mengatakan teknik penyadapan yang dikisahkan sangat rumit dalam novel itu kini tak ada apa-apanya dibandingkan dengan teknologi penyadapan yang ada sekarang. “Bayi yang lahir hari ini akan tumbuh tanpa paham konsep privasi sama sekali. Mereka tak akan tahu apa artinya punya saat privat bagi diri sendiri, momen tanpa penyadapan, tanpa pembicaraa mereka dianalisis.”

Snowden menambahkan, “Debat yang berlangsung hari ini akan menentukan besarnya kepercayaan yang bisa kita tempatkan pada teknologi di sekitar kita serta pada Pemerintah yang mengaturnya. Bersama kita bisa temukan keseimbangan lebih baik, hentikan penyadapan publik dan ingatkan Pemerintah bahwa kalau mereka ingin tahu apa yang kita rasakan, (mencari tahu dengan) bertanya akan selalu lebih irit dari pada menyadap.”

Pesan Natal “alternatif” versi Channel 4 pada tahun-tahun sebelumnya pernah menampilkan Presiden Iran Mahmoud Ahmedinejad saat masih menjabat. Juga karakter fiksi Ali G dan tokoh kartun Marge Simpson. (MSR)