Kemenpera Bedah 10.000 Rumah Pinggir Kali di Sumsel

Foto: penataanruang.com

Palembang, Sayangi.com – Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) akan membedah atau membenahi ribuan rumah sederhana, terutama di pinggiran sungai di Sumatera Selatan pada 2014.

“Sumsel mendapat jatah sebanyak 10 ribu rumah untuk dibedah, terutama kurang layak huni,” kata Kepala Dinas PU Cipta Karya Pemerintah Provinsi Sumsel Rizal Abdullah kepada wartawan di Palembang, Kamis (26/12), seperti dikutip Kantor Berita Antara. Pembenahan rumah sederhana atau kurang layak huni tersebut sebagai program Pemerintah Pusat dalam meningkatkan kesehatan lingkungan dan masyarakat.

Dengan adanya perbaikan rumah diharapkan semua masyarakat yang memiliki tempat tinggal kurang layak akan semakin baik, kata dia. Ketika ditanya tentang rumah yang akan dibedah sendiri, dia mengatakan, itu diserahkan dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk mendata.

Pendataan rumah yang layak dibedah akan diserahkan dengan pemerintah kabupaten dan kota yang terpenting sudah layak untuk diperbaiki. Namun, program pemerintah pusat tersebut akan mengutamakan rumah ditepian sungai seperti Sungai Musi Palembang dan kelompok nelayan lainnya.

Hal ini karena program bedah rumah pada 2014 lebih diutamakan untuk kalangan nelayan dan masyarakat pinggiran sungai, ujar dia. Program bedah rumah dilaksanakan setiap tahun dan mengenai lokasi berbeda-bedah yang tersebar di provinsi Indonesia. (MSR)

Berita Terkait

BAGIKAN