Mengerikan, 2 Ban Bus Transjakarta Terlepas Saat Beroperasi

Foto: beritajakarta

Jakarta, Sayangi.com – Peristiwa yang menunjukkan tak maksimalnya perawatan bus Transjakarta kembali terjadi. Untuk kesekian kalinya, roda atau ban bus Transjakarta kembali lepas saat beroperasi.

Peristiwa tersebut terjadi di Jalan Pramuka Raya, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (26/12) pukul 07.15 WIB. Peristiwa bermula kala bus Transjakarta Koridor IV (Pulogadung-Dukuh Atas) melaju dari arah Pulogadung menuju Dukuh Atas. Ketika berada di lokasi kejadian, tiba-tiba kedua roda kiri belakang bus bernopol B 7499 IX terlepas dan menggelinding ke jalan.

Kontan saja seluruh penumpang panik di bus panik. Walau kehilangan dua ban, bus berwarna abu-abu ini masih sempat berjalan. Sehingga as roda sempat menggores aspal jalan sepanjang sekitar 15-20 meter. Beruntung dua ban yang lepas itu tidak menabrak pengendara sepeda motor yang sedang melintas.

Nunung (45), pramudi bus Transjakarta menduga, kedua ban bus yang tengah dikemudikannya itu lepas lantaran baut velg kendur. Sehingga saat mobil menanjak, kedua bannya lepas. Ia juga tak menyangka kalau hal itu bisa terjadi.

“Saya juga kaget, tahu-tahu roda belakangnya lepas. Penumpang panik semua. Tapi tidak ada yang terluka. Karena saya langsung menginjak rem agar mobil tak terus berjalan,” ujar Nunung, Kamis (26/12).

Seluruh penumpang pun dialihkan ke bus lainnya untuk diantarkan ke tempat tujuan. Kejadian ini tidak sempat memacetkan lalulintas, karena kondisi jalan cukup lengang. Nunung mengaku tidak tahu kalau baut di roda bus itu kendur. Sebab, yang bertugas mengecek onderdil kendaraan itu adalah bagian mekanik saat bus masih dalam pool. Termasuk pengecekan mesin dan sebagainya merupakan tugas mekanik.

“Bukan tugas saya untuk mengecek bagian baut yang kendur, mesin dan sebagainya. Itu tugas mekanik di pool,” kilah Nunung.(BJ/GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN