Erdogan Reshuffle Kabinet Pascapengunduran Diri 3 Menteri

Foto: PTV

Ankara, Sayangi.com – Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mereshuffle kabinetnya setelah pengunduran diri tiga menterinya.

Erdogan memberikan daftar nama menteri baru kabinet kepada Presiden Abdullah Gul, Rabu (25/12) waktu setempat. Perdana Menteri Turki mengganti Menteri Ekonomi, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Lingkungan. Anak para menteri itu telah ditahan sebagai bagian dari investigasi dalam skandal korupsi.

Erdogan juga mengganti menteri yang berwenang dalam masalah Uni Eropa, yang tersangkut skandal, tapi tidak mengundurkan diri bersama ketiga menteri sebelumnya. Seluruhnya 10 menteri diganti termasuk yang akan berpartisipasi dalam pemilihan walikota pada Maret mendatang.

Erdogan mengecam penyelidikan itu sebagai plot yang ingin melemahkan pemerintahannya menjelang pemilu lokal. Pada hari Sabtu lalu, perdana menteri Turki memperingatkan bahwa ia mungkin mengusir beberapa diplomat asing yang terlibat dalam “tindakan provokatif” terhadap negara Turki.

“Hari-hari belakangan ini, sangat aneh, sejumlah diplomat terlibat dalam beberapa tindakan provokatif. Saya mengimbau mereka dari sini, lakukan pekerjaan kalian, jika kalian meninggalkan area tugas kalian, ini bisa meluas ke wilayah yurisdiksi pemerintah kami. Kami tidak akan mempertahankan kalian di negara kami, ” kata Erdogan kepada para pendukung Partai Keadilan dan Pembangunan di Provinsi Samsun.

Para pengamat mengatakan skandal korupsi merupakan tantangan besar bagi Erdogan, yang telah berjanji untuk membasmi korupsi di negeri itu. (MSR/PTV)