Raja Saudi Angkat Anak Sendiri Jadi Gubernur Mekkah

Foto: Reuters

Mekkah, Sayangi.com – Raja Abdullah dari Arab Saudi dikabarkan mengangkat anaknya sendiri menjadi Gubernur Mekkah. Pengangkatan ini makin memperlihatkan Raja berusia 89 tahun itu, yang terus menempatkan anggota keluarganya di jabatan-jabatan strategis, sejak dinobatkan pada 2005.

Jabatan Gubernur Mekkah merupakan jabatan bergengsi dan berpengaruh, lantaran mencakup pengawasan tempat-tempat paling suci bagi umat Islam. Pangeran Mishaal, 43 tahun, yang baru saja diangkat sebagai Gubernur itu merupakan putra keenam raja.

Kantor berita Saudi melaporkan, Mishaal akan mengambil alih jabatan itu dari Pangeran Khalid yang berusia 73 tahun, yang memimpin Mekkah selama enam tahun. Pangeran Khalid selanjutnya akan menjabat sebagai Menteri Pendidikan yang baru.  Menteri yang akan digantikan Khalid, Pangeran Faisal yang juga menantu Raja, minta kepada Raja Abdullah agar ia dibebaskan dari jabatan itu.

Putra-putra Raja yang lain yang juga menduduki sejumlah posisi penting adalah Pangeran Mutaib, pemimpin Pengawal Nasional Arab Saudi; Pangeran Abdul Aziz, Wakil Menteri Luar Negeri, dan Pangeran Turki, Wakil Gubernur Riyadh. (MSR)