Jakarta Nights Festival Dilengkapi Belasan Posko Kesehatan

Sayangi.com/Doc

Jakarta, Sayang.com – Untuk mendukung kemeriahan Jakarta Night Festival (JNF) di sepanjang Bundaran HI – Patung Kuda, Jl MH Thamrin, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta akan mendirikan belasan posko kesehatan. Selain menyiapkan posko kesehatan di setiap panggung yang ada, Dinkes DKI juga akan mendirikan rumah sakit lapangan di panggung utama yang berada di Bundaran HI.

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Dien Emmawati mengatakan, belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, petugas selalu kesulitan mengevakuasi pasien keluar dari lokasi penyelenggaraan JNF. “Khusus di Bundaran HI atau di panggung utama, kami akan dirikan rumah sakit lapangan,” ujar Dien, Kamis (26/12).

Nantinya, kata Dien, rumah sakit lapangan akan didukung dokter spesialis dalam dan jantung. Karena sebagian besar pasien yang dirawat kebanyakan mengalami infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). “Pengalaman tahun lalu, paling banyak menderita ISPA, sehingga dengan dokter penyakit dalam dan jantung diharapkan mampu mengobati pasien,” katanya.

Sementara itu, sebanyak 17 rumah sakit rujukan juga disiapkan jika memang ada pasien yang perlu dirujuk. Rumah sakit tersebut diantaranya Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), RS Polri, RS Gatot Subroto, RSUD Koja dan RSUD Tarakan. “Mereka siap menampung pasien jika dalam keadaan kritis,” ucapnya.

Di setiap posko kesehatan, sambung Dien, juga disiagakan satu dokter, satu perawat, tandu, mobil ambulans, serta obat-obatan dan tabung oksigen. Masing-masing posko setidaknya disiagakan 4 – 5 orang petugas. Sedangkan untuk rumah sakit lapangan, petugas yang bersiaga mencapai 10 orang. “Saya kira petugas yang disiagakan cukup untuk membantu warga,” tandasnya. (MD/BJ)

Berita Terkait

BAGIKAN