Satpol PP Bongkar 50 Bangunan di Kali Ampiun

beritajakarta.com

Jakarta, Sayangi.com – Lantaran berdiri di atas Kali Ampiun, 50 bangunan di RT 14/01, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat ditertibkan petugas Satpol PP, Kamis (26/12). Selama ini, puluhan bangunan yang sudah berdiri sejak puluhan tahun itu menyebabkan Kali Ampiun yang bermuara di Kali Ciliwung mengalami pendangkalan hingga kerap menyebabkan banjir.

Camat Menteng, Bondan Dyah Ekowati menuturkan, sebelum dilakukan pembongkaran pihaknya telah menyosialisasikan hal tersebut. “Kebanyakan warga menambah bangunan di belakang rumahnya berupa dapur dan kamar mandi. Semua bangunan itu kita robohkan karena melanggar Perda No 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum,” ujar Bondan, Kamis (26/12).

Dikatakan Bondan, pada tahap pertama, akan dirobohkan sebanyak 50 bangunan dari 100 bangunan yang ada lantaran bangunan tersebut berdiri permanen sehingga membutuhkan waktu. “Jalan yang sempit juga menjadi kendala dalam pembongkaran. Tapi warga semua menerima pembongkaran ini,” katanya.

Pihaknya, kata Bondan, mengerahkan sebanyak 100 personel Satpol PP dibantu aparat kepolisian dalam melakukan pembongkaran. Setelah dilakukan pembongkaran, pihaknya juga akan menyediakan tempat Mandi Cuci Kakus (MCK) bagi warga. “Pembongkaran berlangsung kondusif. Setelah dilakukan pembongkaran akan dilakukan normalisasi oleh Sudin PU Tata Air Jakarta Pusat,” ucapnya.

Yuli (45), warga RT 14/01 No 2 yang bangunan rumahnya dibongkar mengatakan, sebulan sebelum dilakukan pembongkaran ia dan warga lainnya telah bertemu dan mengadakan rapat dengan pihak kecamatan. Ia berharap ketika pembongkaran selesai dilakukan, pihak kecamatan wajib menyediakan MCK bagi warga karena rata-rata bangunan yang dibongkar adalah dapur dan kamar mandi.

“Kita pasrah dan ikhlas saja, karena katanya bangunan kita berdiri di atas kali. Bangunannya sebagian kita bongkar sendiri karena banyak bahan yang masih bisa dipakai,” tandas warga asal Lamongan, Jawa Timur itu. (MD/BJ)