Ruhut Sayangkan Sikap PAN Terkait Timwas Century

Sayangi.com/Doc

Jakarta, Sayangi.com – Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI Ruhut Sitompul menyayangkan sikap Partai Amanat Nasional yang memilih berseberangan dengan Partai Demokrat pada voting soal masa tugas Tim Pengawas Kasus Bank Century DPR RI.

“Partai-partai politik anggota Setgab Koalisi tidak kompak lagi dengan Partai Demokrat. Bahkan PAN yang merupakan partai besan dan partai yang loyal pun sudah berani berseberangan dengan Partai Demokrat,” kata Ruhut Sitompul di Jakarta, Kamis.

Anggota Komisi III DPR RI ini menjelaskan sikap PAN yang berseberangan dengan Partai Demokrat tersebut terjadi pada rapat paripurna penutupan masa persidangan kedua tahun 20013-2014, pada Kamis (19/12).

Pada rapat paripurna tersebut, pimpinan rapat paripurna menawarkan pengambilan keputusan terhadap masa kerja Timwas Century DPR RI, apakah akan diperpanjang atau tidak, melalui mekanisme voting terbuka.

Langkah tersebut ditawarkan oleh pimpinan rapat paripurna karena tidak tercapai kesepakatan melalui musyawarah dan forum lobi.

Pada saat dilakukan voting secara terbuka, ternyata partai-partai politik yang dinilai kompak dan loyal terhadap Partai Demokrat, yakni PAN, PKB, dan PPP, hanya PPP yang memiliki sikap sama dengan Partai Demokrat.

Sedangkan, PAN dan PKB saat dilakukan voting memilih sikap berseberangan dengan Partai Demokrat.

Dengan kondisi itu, hasil akhir dari voting terbuka tersebut, Partai Demokrat dan PPP mengusulkan agar masa kerja Timwas Century tidak diperpanjang hanya memperolehan 157 suara.

Sedangkan, tujuh partai lainnya yang berada di DPR RI memilih mengusulkan masa kerja Timwas Century diperpanjang dengan memperoleh 248 suara. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN