KPK Tegaskan Tolak Pelantikan Hambit Bintih

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tegaskan tidak mengizinkan pelantikan Bupati Gunung Mas terpilih, Hambit Bintih dilakukan di penjara. Hal itu dikarenakan Hambit Bintih adalah tersangka kasus suap sengketa pilkada Gunung Mas, Kalimantan Tengah di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Terkait dengan itu (pelantikan), Pimpinan KPK telah menentukan sikap, atas permintaan DPRD meminta izin pelantikan tidak disetujui oleh Pimpinan KPK,” kata Juru Bicara KPK, Johan Budi melalui pesan BBM saat dikonfirmasi, Kamis (26/12).

Johan juga menerangkan, bahwa surat permohonan pelantikan Hambit bukanlah dari Kementerian Dalam Negeri melainkan dari DPRD Kalimantan Tengah.

“Perlu ada pelurusan informasi, terkait dengan Bupati Hambit Bintih, KPK telah menerima dua surat yang pertama dari DPRD (Kalimantan Tengah) terkait dengan permohonan izin pelantikan Hambit Bintih sebagai Bupati dan surat dari Kemendagri yang berisi penyampaikan SK Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kab Gunung Mas,” terang Johan.

Saat ditanyai mengenai surat resmi KPK terkait tak mengizinkan pelantikan, Johan mengatakan pihaknya akan segera mengirimkan surat resmi ke DPRD Kalimantan Tengah.

“Surat resmi akan disampaikan kepada DPRD, secepatnya,” tegas Johan.

Hambit rencananya akan dilantik pada tanggal 31 Desember 2013 dikarenakan masa jabatan Bupati Gunung Mas periode 2008-2013 habis pada tanggal tersebut.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN