Gerindra DKI Serahkan Laporan Dana Kampanye ke KPU

Foto: Sayangi.com/Opak

Jakarta, Sayangi.com – DPD Partai Gerindra DKI Jakarta menyerahkan laporan keuangan dana kampenye kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Kamis (26/12). Penyerahan laporan dilakukan langsung oleh Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Muhammad Tufik, dan diterima oleh Ketua Pokja Kampanye KPUD DKI Jakarta Dahlia Umar.

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Muhammad Tufik menjelaskan bahwa pihaknya telah menyerahkan laporan keuangan dana kampanye seluruh caleg yang berjumlah 106 orang. Hal tersebut sesuai ketentuan dalam Peraturan KPU no. 17 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaporan Dana Kampanye Peserta Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD.

Taufik menegaskan bahwa pelaporan dana kampanye tersebut sebagai bentuk komitmen Partai Gerindra dalam mewujudkan sistem keuangan partai politik yang transparan dan akuntable. Diakui Taufik, hal itu bukan hal gampang karena menyangkut kultur politik baru yang harus terus menerus ditanamkan kepada seluruh kader.

“Ini adalah lompatan sejarah dalam perbaikan manajemen sistem keuangan Parpol. Karenanya, saya tanamkan betul kepada seluruh Caleg Gerindra agar memiliki wawasan yang cukup tentang hal ini,” kata Taufik kepada Sayangi.com, Kamis (26/12).

Taufik menyebutkan bahwa prinsip transparansi dalam keuangan Partai Politik adalah suatu keharusan untuk menciptakan institusi partai yang kuat dan kredibel. Masyarakat Jakarta yang semakin cerdas, menurut Taufik, akan menjadikan prinsip transparansi dan akuntabilitas parpol sebagai faktor determinan dalam menentukan pilihan. Ia mencontohkan penerapan sistem e-budgeting oleh Jokowi-Ahok sebagai terobosan perbaikan sistem anggaran di Provinsi DKI Jakarta yang mendapat apresiasi dari banyak pihak.

“Program e-budgeting yang digagas Jokowi-Ahok banyak mendapat pujian masyarakat karena membuat sistem anggaran di DKI makin transparan. Jadi, Parpol masa depan di Indonesia adalah parpol yang sistem keuangannya transparan, dan insyaallah Gerindra akan konsisten di jalur itu,” pungkas Taufik. (S2)