Komisi Pemilihan Rekomendasikan Pemilu Thailand Ditunda

Jakarta, Sayangi.com – Komisi Pemilihan pada hari Kamis (26/12) mengeluarkan pernyataan yang merekomendasikan agar Pemerintah Yingluck menunda pemilu yang dipercepat dilaksanakan 2 Februari 2014 sampai semua pihak dapat menyelesaikan perbedaan mereka.

Dalam pernyataan itu disebutkan bahwa rekomendasi dikeluarkan akibat banyaknya kekerasan yang telah pecah di negara itu.

“Kegagalan menangani situasi mungkin dapat menyebabkan lebih banyak kekerasan. Dan jika pemilu diadakan sesuai jadwal yang direncanakan, kekerasan bisa meningkat dan mengakibatkan kekacauan dan banyak korban,” seru pernyataan itu.

Rekomendasi itu  dikeluarkan saat polisi menembakkan gas air mata pada pengunjuk rasa yang berusaha menyerbu kompleks Stadion Thai-Japanese, tempat pendaftaran pencalonan pemilihan pada Kamis pagi tadi.

Komisi Pemilihan menyatakan penyesalannya atas kekerasan yang terjadi.

“Komisi Pemilihan sebelumnya telah mengisyaratkan keprihatinan atas terjadinya kekerasan di negeri ini,” lanjut pernyataan itu. Komisi Pemilihan ingin mengungkapkan sikapnya kepada publik bahwa mereka akan lebih suka jika pemerintah menunda pemilu sampai konflik dapat diselesaikan.

Mereka juga menyiratkan bahwa jika tidak ada yang dilakukan untuk menyelesaikan konflik, mereka akan mengambil tindakan yang menjadi kewenangannya agar krisis segera selesai. (FHR/TN)