Menseskab Ternyata Pandai Melukis, Ini Lukisan Tsunaminya

Foto-foto: Setkab

Jakarta, Sayangi.com – Jika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyimpan bakat terpendam sebagai penyanyi, bahkan sudah menelurkan album, Menteri Sekretaris Kabinet Dipo Alam ternyata punya bakat terpendam sebagai pelukis. Berikut goresan Dipo di kanvas, untuk mengenang peristiwa Tsunami Aceh 2004 yang menyebabkan ribuan nyawa melayang.

Lukisan di atas, menurut Dipo – seperti terbaca di lama Sekreatriat Kabinet – pagi ini, Jumat (27/12), dibuat 9 tahun lalu, setelah terjadinya tsunami. Dipo melukis masjid Baiturrahman dari balik jendela tempatnya tinggal, saat mengunjungi Aceh, sambil minum kopi Ule Kareung.

Sedangkan lukisan di bawah ini, juga dibuat 9 tahun lalu, menggambarkan seorang wanita yang tengah bersedih di perkemahan pengungsi tsunami. Lalu lukisan berikutnya, menggambarkan suasana ketika Dipo datang ke Lampu’uk dan melihat 2 anak yatim piatu masih mencari kedua orang tuanya yang hilang. “Keduanya itu saya lukis,” kata Dipo pedih.

 

 

Sebagian lukisan karya Dipo tentang Aceh pascatsunami sudah pernah dipamerkan di beberapa negara, seperti Maroko, Tunisia, Ceko, Turki, dan Polandia. Dipo berharap, lewat lukisan ia bisa membangkitkan kepedulian, bahwa tsunami adalah tragedi kemanusiaan yang harus dikenang sepanjang masa. “Saya ingin ada museum tsunami yang berlokasi di Aceh. Bukan di Jakarta atau di luar negeri,” tandas mantan aktivis, doktor lulusan Universitas George Washington ini. (MSR)

Berita Terkait

BAGIKAN