Ban Busway Lepas, BLU Transjakarta Janji Tingkatkan Pengawasan

Foto: beritajakarta

Jakarta, Sayangi.com – Kepala BLU Transjakarta Pargaulan Butar Butar berjanji akan meningkatkan pengawasan kepada Unit Pengelola (UP) Transjakarta atau para operator untuk melakukan pengecekan sebelum armada ke luar sehingga insiden lepasnya ban belakang bus Transjakarta tidak terulang lagi.

“Kami akan meningkatkan pengawasan terhadap perawatan suku cadang armada yang dilakukan oleh para operator Transjakarta sehingga kejadian lepasnya dua ban belakang bus Transjakarta di Jalan Pramuka, Matraman tidak terulang lagi,” ujar Pargaulan Butar Butar di Jakarta, Jumat (27/12).

Menurut dia, pengawasan tersebut meliputi pengecekan roda, mesin, suku cadang, maupun kondisi kelaikan jalan bus.

“Kalau ada operator yang melanggar tentu ada sanksi yaitu berupa teguran kepada operator bus, tapi kita harus melihat kondisi kesalahan itu seperti apa,” kata dia seperti dikutip Antara.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan para operator bus Transjakarta harus mengecek keadaan ban, mesin maupun suku cadang lainnya. Kalau kondisi bus tidak laik jalan, maka jangan dipaksakan untuk beroperasi karena keselamatan penumpang adalah prioritas utama.

“Bus Transjakarta harus ada pengecekan, pengontrolan, seperti sparepart, ban dan mesin harus dicek lebih detail lagi. Lebih diperketat lagi besok-besok,” ujar dia.

Insiden copotnya roda ban Bus Transjakarta itu, lanjutnya, disebabkan manajemen pengontrolan yang tidak baik dan operator lalai dalam mengawasi kelaikan armada.

“Saya kira semua, baik itu UPT atau operator, kalau manajemen kurang kontrol yah seperti itu,” kata dia.

Sebelumnya, dua ban belakang bus Transjakarta koridor IV (Pulogadung-Dukuh Atas) bernomor polisi B7499 IX copot di Jalan Pramuka Raya, Matraman, Jakarta Timur pada Kamis (26/12).

Atas kejadian tersebut, penumpang bus langsung turun karena panik, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN