KBRI Bantu Pulangkan Jenazah Matruji dari Malaysia

Foto: nst.com.my

Jakarta, Sayangi.com – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur memfasilitasi pemulangan jenazah Warga Negara Indonesia, Matruji yang jadi korban penembakan Polisi Diraja Malaysia, dalam peristiwa baku-tembak Selasa (24/12) dini hari.

Keterangan pers KBRI hari ini, Jumat (27/12) menyatakan bahwa KBRI Kuala Lumpur segera meminta akses untuk melakukan cek fisik dan menghadiri pemeriksaan post-mortem jenazah, segera setelah mendapatkan informasi penembakan dari Kepolisian Diraja Malaysia.

Pada tanggal 26 Desember 2013, Tim Satgas Citizen Service KBRI Kuala Lumpur dan Tim Pengacara telah melakukan cek fisik terhadap jenazah korban di Rumah Sakit Serdang yang juga dihadiri oleh pihak keluarga korban yang diwakili oleh saudara sepupu istri almarhum.

Menurut kronologis yang disampaikan oleh Polisi Diraja Malaysia, peristiwa penembakan terjadi ketika Patroli Polisi Selangor yang diketuai oleh Assistant Superintendent of Police (ASP) Nazrul melihat kendaraan yang mencurigakan di Jalan Taman Mas Sepang. Petugas polisi yang melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan tersebut dikejutkan oleh seseorang yang lari keluar dari kendaraan menuju semak-semak.

Polisi kemudian melepaskan tembakan peringatan, namun dijawab dengan tembakan balasan, sehingga akhirnya terjadi baku tembak yang menewaskan Matruji. Dari tempat kejadian, polisi menyita beberapa barang bukti berupa satu pucuk pistol beserta tiga butir peluru, sebuah alat pemotong dan satu batang linggis, serta satu salinan paspor bernomor A 0428279 a.n Matruji yang kemudian diyakini merupakan milik korban.

Berdasarkan penyelidikan lebih lanjut, kendaraan yang digunakan oleh korban ternyata kendaraan yang dilaporkan hilang pada tanggal 2 Mei 2013. Sesuai catatan biometrik, Kepolisian Diraja Malaysia menyatakan bahwa Matruji tercatat pernah menjalani dua tahun hukuman penjara dan terlibat dalam beberapa kasus tindak kejahatan. (MSR/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN