Ada 86.910 Warga Palembang Belum Terima e-KTP

Sayangi.com/Istimewa

Palembang, Sayangi.com – Ribuan kartu tanda penduduk elektronik di Kota Palembang sampai kini belum diterima warga, karena masih menunggu dikirim dari pusat ke kantor camat setempat, padahal per 1 Januari 2014 kartu identitas itu diberlakukan.

Camat Ilir Barat I Agus Rizal di Palembang, Jumat mengatakan sampai kini pihaknya masih menunggu sebanyak 2.200 lembar KTP elektronik dari Kementerian Dalam Negeri.

Jumlah itu tergolong sedikit jika dibandingkan dengan warga yang telah merekam data KTP elektronik sebanyak 86.910 orang, katanya.

Namun, menurut dia, pihaknya terus berkomunikasi agar sisa kartu identitas tersebut segera didistribusikan.

Karena, warga di kecamatan itu juga mendesak untuk memiliki KTP elektronik tersebut untuk mengurus berbagai keperluan, terkait dengan dokumen.

Hal senada diungkapkan, Camat Ilir Timur II, Syairulgama kalau dari 124.000 warga yang telah merekamkan data KTP elektronik di kantor kecamatan, sebanyak 10 persen belum menerima kartu tersebut.

Keterlambatan distribusi KTP elektronik itu murni karena belum diterimanya dari pemerintah pusat, katanya.

Dia menambahkan, sesuai ketentuan memang per 1 Januari 2014 KTP lama tidak berlaku lagi.

Hanya saja, tentu masih ada toleransi sebelum kartu identitas baru didistribusikan kepada penduduk di daerah tersebut, katanya. (MD/Ant)