Kapal Rusia Terperangkap di Antartika, Cina Kirim Pemecah Es

Foto: Reuters

Beijing, Sayangi.com – Para pejabat Cina mengatakan, hari Sabtu (28/12) ini kapal pemecah es mereka “Snow Dragon” diperkirakan bakal mencapai dan membantu kapal Rusia yang terperangkap di Antartika.

Sebuah kapal pemecah es milik Cina sudah merapat ke lokasi kapal Rusia yang terperangkap di Antartika sejak hari Selasa, dan para pejabat mengatakan kapal Cina itu tampaknya akan mencapai kapal Rusia itu hari Sabtu. Otoritas Maritim Australia yang mengkoordinir penyelamatan itu sebelumnya mengatakan kapal Cina “Snow Dragon” seharusnya bisa mencapai kapal Rusia “Akademik Shokalskiy” selambat-lambatnya hari Jumat malam.

Voice of America (VOA) memberitakan, sebuah tim ekspedisi riset Australia yang berada di kapal Rusia yang membeku dalam arus es dekat Kutub Selatan hari Selasa lalu mengatakan, mereka bisa melihat kapal “Snow Dragon” di kejauhan. Dua kapal pemecah es lainnya juga sedang menuju ke lokasi kapal Rusia tersebut.

Kapal Rusia itu mengangkut 75 orang – termasuk beberapa awak kapal, ilmuwan, dan wisatawan. Pejabat-pejabat mengatakan kapal itu tidak berisiko tenggelam. Kapal Rusia “Akademik Shokalskiy” meninggalkan Selandia Baru tanggal 28 November lalu, untuk mengulangi pelayaran seabad silam ke Antartika, oleh penjelajah warga Australia Douglas Mawson. (MSR)