Euro Menguat Gara-Gara Komentar Gubernur Bank Sentral Jerman

Ilustrasi foto: valuewalk.com

New York, Sayangi.com – Kurs euro menguat mencapai nilai tertinggi dalam dua tahun terakhir terhadap mata uang utama lainnya pada Jumat (Sabtu pagi WIB), dipicu komentar “hawkish” gubernur bank sentral Jerman.

Pada pukul 22.00 GMT (Sabtu pukul 05.00 WIB), euro diperdagangkan di 1,3743 dolar, naik dari 1,3690 dolar pada Kamis setelah sebelumnya mencapai setinggi 1,3893 dolar, tertinggi sejak Oktober 2011. Euro juga menguat terhadap mata uang Jepang, diperdagangkan pada 144,37 yen dari 143,47 yen – setelah sebelumnya mencapai 145,69 yen, tingkat tertinggi sejak Oktober 2008.

Para investor terdorong untuk membeli euro setelah Kepala Bundesbank Jerman Jens Weidmann, yang duduk di Dewan Gubernur Bank Sentral Eropa, mengatakan kepada surat kabar Jerman bahwa tekanan inflasi yang lemah seharusnya tidak membenarkan pelonggaran moneter tak terbatas.

“Weidmann dikenal seorang ‘hawk’ moneter, dan komentarnya semalam memberi investor alasan untuk mendorong euro lebih tinggi, yang memicu pesanan otomatis yang mungkin bergerak berlebihan,” kata Omer Esiner, kepala analis pasar di Commonwealth Foreign Exchange, Inc. Komentar Weidmann itu menyusul laporan terbaru oleh Presiden ECB Mario Draghi, yang berjanji untuk mengambil tindakan jika perekonomian Eropa tidak membaik. (MSR/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN