Banjir di Bekasi Rendam Area Seluas 2.210 Hektare

Foto: antara

Bekasi, Sayangi.com – Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat seluas 2.210 hektare lahan di wilayah setempat terendam banjir sepanjang 2013.

“Ketinggian genangan air saat itu bervariasi, rata-rata mencapai 1 sampai 2 meter,” ujar Kepala Bidang Tata Air Dinas Bimarta Kota Bekasi Nurul Furqon di Bekasi, Sabtu (28/12).

Menurutnya, wilayah yang paling parah terkena dampak banjir adalah Kecamatan Jatiasih dengan luas genangan mencapai 330 hektare.

“Banjir di lokasi itu diakibatkan luapan Kali Bekasi yang berasal dari aliran sungai Cikeas dan Cileungsi, Bogor,” katanya, seperti dikutip Antara.

Menurutnya, puluhan ribu kepala keluarga di sepanjang bantaran Kali Bekasi, seperti di Perumahan Pondokgede Permai, Pondok Mitra Lestari, Kemang Ifi, Kemang Pratama, Pondok Pekayon Asri, menjadi korban banjir.

“Lama air tergenang bisa mencapai 18 hingga 26,5 jam,” katanya.

Jumlah itu belum termasuk fasilitas publik seperti kantor kelurahan, sekolah, fasos fasum, dan lainnya.

Dikatakan Furqon, persoalan banjir di wilayahnya perlu penanganan secara integrasi dengan sejumlah wilayah yang berbatasan, seperi Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, DKI Jakarta, dan Depok.

“Persoalan banjir sampai sekarang belum dilakukan pencegahaan secara bersama-sama antara semua wilayah yang bersinggungan dengan Ibu Kota Jakarta,” katanya.

Menurut dia, mustahil jika penanganan banjir hanya dilakukan sepihak oleh Pemerintah Kota Bekasi.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN