Harga Sayur Melonjak Menjelang Pergantian Tahun

Sayangi.com/Doc

Makassar, Sayangi.com – Harga sayur-mayur khususnya sawi hijau dan cabai yang dijual di sejumlah pasar tradisional mengalami lonjakan menjelang pergantian tahun.

“Harga sayur saw hijau sebelumnya hanya Rp4 ribu per ikat, kini mencapai Rp8 ribu per ikat. Sedang cabai kecil mencapai Rp35 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp25 ribu per kg,” kata salah seorang pedagang Hj Rasnah di Pasar Terong, Makassar, Sabtu (28/12).

Dia mengatakan, harga sayur-mayur mulai bergerak naik sejak pekan lalu. Hal itu dipicu karena persediaan barang yang disuplai pihak pedagang mulai berkurang.

Alasannya, karena produksi petani berkurang pada musim hujan akibat sebagian kebun terendam air. Kondisi itu menyebabkan harga sayur-mayur mengalami kenaikan di tingkat petani dan akhirnya hingga pedagang pengecer.

“Kondisi ini masih diperkirakan masih terus berlangsung hingga awal 2014,” katanya.

Hal senada dikemukakan pedagang lainnya di Pasar Pannampu, Makassar Baaruddin.

Dia mengatakan, selain harga sayur-mayur yang mengalami kenaikan, sejumlah barang sembako juga naik, khususnya telur ayam ras dari Rp28 ribu per rak menjadi Rp35 ribu per rak.

Menurut dia, kondisi itu sering terjadi pada saat menjelang pergantian tahun. Apalagi dua pekan ke depan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang biasanya diperingati masyarakat di daerah ini dengan telur hias. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN