Kapolri: Saya Adalah Murid Gus Dur

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Kapolri Jenderal Pol Sutarman secara terang-terangan mengaku bahwa ia adalah murid Gus Dur. Menurutnya, Gus Dur adalah pemimpin besar bangsa yang selalu  meneladani kepemimpinan Rasulullah SAW.

“Gus Dur adalah seorang ulama, seorang Kyai yang menjadi presiden yang akhirnya saya jadi ajudannya,” Kata Kapolri Jenderal Pol Sutarman saat memberi testimoni dalam acara Haul ke 4 Gusdur bertajuk “Membangun Keikhlasan Bangsa” di kediaman Almarhum Gus Dur, di bilangan Ciganjur, Jakarta Selatan (28/12).

Kapolri sempat mengutip ayat Al Qur’an tentang Rasulullah SAW sebagai suri tauladan yang baik.

“Kenapa bangsa ini seperti ini? dikarenakan adalah akhlak yang tidak baik seperti yang telah dicontohkan Rasulullah saw,” ujarnya.

Menurut Sutarman, Gus Dur adalah sosok yang sangat luar biasa. Gus Dur pernah menyampaikan kepadanya bahwa nanti dia akan menjadi Kapolda, kemudian akan menjadi Kapolri.

“Kata-kata beliau saat ini terwujud. Seperti kata orang jawa, kata-kata beliau adalah mandhi, yaitu apa yang diucapkan terjadi,” tambahnya.

Kata Kapolri kita belajar demokrasi, belajar menyampaikan pendapat adalah berkat perjuangan Gus Dur. Kita meyakini demokrasi adalah sistem yang paling tepat untuk membangun bangsa ini. Siapapun presidennya, apapun sistemnya, yang terpenting adalah rakyat sejahtera.

Mengenang pernyataan Gus Dur, Kapolri mengatakan saat Gus Dur sudah turun dari jabatan presiden, Gusdur berkata mudah-mudahan ini adalah pengalaman terakhir bagi bangsa Indonesia.

“Semoga apa yang telah diajarkan beliau kita bisa meneruskannya,” imbuhnya. (S2)