Yenny Wahid: Kelucuan Gus Dur Bentuk Keikhlasan Beliau

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Zannuba Ariffah Chafsoh mengenang kembali ayahnya, almarhum Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Menurut perempuan yang akrab disapa Yenny Wahid ini, sosok Gus Dur adalah orang yang lucu.

“Tapi justru kelucuannya itulah bentuk keikhlasan beliau,” katanya saat memberikan sambutan dalam Peringatan Haul ke-4 Gus Dur yang bertajuk “Membangun Keikhlasan Bangsa”, di kediamannya di Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (28/12/2013) malam.

Selain sosok yang lucu, kata Yenny, Gus Dur adalah sosok yang sulit dipahami. Banyak orang baru sadar kebenaran ucapan Gus Dur ketika ayahnya itu sudah tiada.

“Ada yang berkata, misteri hidup itu ada empat hal, maut, rezeki, jodoh dan Gus Dur,” jelasnya.

Dalam haul ini, ribuan massa yang terdiri dari para santri dari Jabodetabek, Bandung, Cirebon dan berbagai wilayah lainnya tampak memadati kediaman mantan Presiden RI tersebut. Selain para santri, hadir juga para tokoh bangsa, ulama, aktivis, budayawan, dan intelektual.

Mereka antara lain KH. Tolhah Hasan, Menteri Perumahan Rakyat Djan Farid, KH. Hasyim Muzadi, Kapolri Jenderal Pol Sutarman, Wakil Menteri Agama Prof. Nasaruddin Umar, dan Frans Magnis Suseno. Hadir juga Akbar Tanjung, Mahfud MD, Prabowo Subianto, Bursah Zarnubi, Basuki Tjahaja Purnama, Lukman Hakim Syaifudin, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Acara ini berlangsung khidmat dengan lantunan Shalawat dan tahlil yang dipimpin oleh Habib Muhammad Segaf Al Mahdi dan Pembacaan Surat Al Ikhlas serta khutbah oleh KH. Tolhah Hasan.

Sejumlah tokoh seperti Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Polisi Sutarman, dan Ahok memberikan testimoni tentang sosok Gus Dur.  

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siradj. (MI)

Berita Terkait

BAGIKAN