Anelka: Saya Bukan Antisemit

Foto: AFP

Paris, Sayangi.com – Nicolas Anelka membela diri atas tudingan anti-Semit yang alamatkan kepadanya menyusul perayaan gol kontroversialnya saat timnya bermain imbang 3-3 dengan West Ham pada Sabtu.

“Saya bukanlah anti-Semit dan juga bukan rasis” ujarnya.

Ucapan itu sepertinya tidak akan menghentikan langkah pemegang otoritas sepak bola Inggris FA untuk melakukan penyelidikan dan termasuk memberikan sanksi.

Striker asal Prancis berusia 34 tahun itu berkicau di Twitternya, menolak anggapan dan klaim bahwa gerakan yang ia buat berbau anti-Semit, hormat sedikit mirip gaya Nazi, demikian menurut intepretasi banyak orang.

Tanggapan Anelka keluar di tengah kemarahan baik secara internasional dan di dunia maya. Ia berisiko diskors bila Asosiasi Sepak Bola Inggris, FA, menyatakan aksinya memang berbau rasis.

Anelka membantah dalam kicauannya bahwa gerakan itu, di mana ia ia mengacungkan tangan kanan lurus ke depan arah bawah dengan tangan kiri menepuk bisep lengan atas, semata-mata gestur ‘antikemapanan’.

Menurut Wikipedia Antisemitisme adalah suatu sikap permusuhan atau prasangka terhadap kaum Yahudi dalam bentuk-bentuk penganiayaan/penyiksaan terhadap agama, etnik, maupun kelompok ras, mulai dari kebencian terhadap individu hingga lembaga.

Fenomena yang paling terkenal akan anti-semitisme adalah ideologi Nazisme dari Adolf Hitler, yang menyebabkan pemusnahan terhadap kaum Yahudi Eropa.