Anggaran Belanja PBB Menyusut, 221 Posisi Dibekukan

Foto: un.org

New York, Sayangi.com – Seperti kebanyakan negara di dunia yang tengah dilanda krisis, Anggaran Belanja Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2014-2015 menyusut jadi 5,53 miliar dolar AS.

Penyusutan anggaran itu merupakan yang kedua berturut-turut, setelah tahun sebelumnya, Anggaran PBB juga mengalami penurunan, demikian dilaporkan oleh Radio Internasional Taiwan.   

Setelah melalui negosiasi yang panjang, termasuk perdebatan internal, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa akhirnya mengambil keputusan untuk meloloskan anggaran tahun 2014-2015, yang mengalami penyusutan 1% dibandingkan dengan anggaran tahun 2012-2013; bersamaan dengan itu, Majelis Umum PBB juga memutuskan akan mengurangi karyawan PBB sebesar 2%, atau sekitar 221 posisi dan membekukan pekerjaan mereka selama satu tahun alias dirumahkan.

Penggunaan anggaran PBB yang paling utama adalah untuk biaya operasional, tidak termasuk dana bagi sejumlah besar personil pengelolaan dan penjaga perdamaian, yang biaya tahunannya saat ini mencapai 7 miliar dolar Amerika. Amerika Serikat yang merupakan sumber anggaran yang paling besar bagi PBB menyambut baik keputusan penyusutan yang dilakukan PBB tersebut. (MSR)