Perludem : Boikot Parpol yang Tak Lapor Dana Kampanye

Sayangi.com/Ardhy

Palembang, Sayangi.com -Terkait masih adanya Parpol atau calon DPD di Sumsel yang belum menyerahkan laporan dana kampanye, Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem) secara tegas menyerukan agar masyarakat tidak memilih calon peserta pemilu yang tidak melaporkan dana kampanyenya.

Dikatakan oleh Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini, saat dihubungi melalui telepon genggam dengan adanya sejumlah calon peserta pemilu yang belum melaporkan dana kampanye sama halnya tidak patuh pada peraturan yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara pemilu (KPU).

“Saya katakan dengan tegas jangan pilih saja orang yang tidak patuh terhadap aturan yang ada,” ujar Titi.

Tentang tidak adanya sanksi tegas atas pelanggaran peraturan KPU No.17/2013 ini, Titi mengharapkan masyarakat bersikap kritis. “Mestinya setiap peserta pemilu mentaati peraturan yang ada, dan masyarakat perlu bersikap kritis,” jelasnya.

Dengan tidak atau belum melaporkan dana kampanye, itu merupakan indikator yang paling mudah untuk mengukur kredibiltas calon peserta pemilu itu sendiri.” Tahap awal pelaporan saja terkesan membiarkan atau cuek padahal ada dalam aturan bagaimana kedepannya mau jadi pemimpin,” katanya.

Titi pun menghimbau penyelenggara Pemilu agar tidak sungkan-sungkan bersikap tegas kepada Parpol dan Caleg DPD yang tidak melaporkan dana kampanyenya. “Buat saja catatan dan sudah itu publikasikan, biar masyarakat tahu siapa saja yang tidak patuh aturan,” saran Titi. (MD)

Berita Terkait

BAGIKAN