Rel KA Cina Terpanjang di Dunia, Mencapai 100 Ribu Kilometer

Foto: RTI

Beijing, Sayangi.com – Jika bukan yang terpanjang di dunia, pastilah rel kereta api yang dimiliki Cina saat ini masuk kategori salah satu yang terpanjang di muka Bumi.

Tanggal 28 Desember 2013 atau dua hari yang lalu merupakan hari spesial bagi sejarah perkembangan jalan kereta api di Cina atau sering disebut juga Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Saat itulah, jalan kereta api Xiamen-Shenzhen, jalan kereta cepat Xi’an-Baoji, jalan kereta api Liuzhou-Nanning, jalan kereta api Hengyang-Liuzhou, jalan kereta api Chongqing-Lichuan, dan jalan kereta api di pantai Guangxi mulai beroperasi secara bersamaan.

Dengan beroperasinya rel-rel itu, berarti jalan kereta api yang beroperasi di Cina bertambah sejauh 2 ribu kilometer dalam satu hari, sehingga total panjang mencapai 100 ribu kilometer. Sejalan dengan terbentuknya jaringan kereta api sepanjang 100 ribu kilometer itu, Perusahaan Umum Perkereta-apian Cina mulai menerapkan peta operasi kereta api yang baru. Di atas peta tersebut, kereta penumpang bertambah 75 pasang, tercatat sejumlah 2.369 pasang.

Menurut statistik Perusahaan Umum Perkereta-apian Cina, jalan-jalan keretapi yang bisa dilewati dengan kecepatan 120 kilometer/jam itu menjadikan Cina sebagai negara terbesar di dunia, dilihat dari skala pembangunan jalan kereta apinya. (MSR/RTI)

Berita Terkait

BAGIKAN