Inilah Aktor-Aktris Yang Cerai Sepanjang 2013

Ilustrasi foto: sspk.info

Jakarta, Sayangi.com – Sepanjang 2013, banyak pemberitaan mengenai selebritis tanah air yang diwarnai berbagai “berita duka”, khususnya perceraian. Ada yang bercerai saat usia perkawinan mereka masih dalam hitungan minggu maupun yang sudah puluhan tahun hidup bersama.

Berikut adalah beberapa artis yang bercerai sepanjang 2013:

Wong Aksan dan Titi Sjuman. Pada awal tahun 2013 lalu pemberitaan media diramaikan oleh berita perceraian Titi Sjuman dan Wong Aksan. Kisah perceraian pasangan artis ini sempat menjadi salah satu “Perpisahan Artis di Awal 2013” yang cukup mengejutkan. Mengingat pasangan yang menikah pada 15 Agustus 2004 silam ini selalu terlihat harmonis dan jauh dari pemberitaan miring. Namun entah apa yang menjadi alasan bagi keduanya untuk memutuskan bercerai. Gugatan cerai Titi terdaftar pada 31 Januari 2013 di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Setelah melewati masa tiga kali persidangan, akhirnya keduanya resmi bercerai pada tanggal 31 Januari 2013.

Tata Janeta dan Efran Fitrianto. Pasangan Tata Janneta dan Efran Fitrianto sebelum memutuskan bercerai diketahui telah pisah ranjang selama 6 bulan. Setelah memutuskan pisah ranjang, Tata meneruskan langkah selanjutnya dengan mengajukan gugatan cerai atas suaminya, Efran di Pengadilan Agama Cibinong, Jawa Barat. Pada tanggal 21 Maret 2013 pasangan ini dinyatakan resmi bercerai lewat putusan verstek. Hal tersebut dilakukan oleh majelis hakim dikarenakan selama tiga kali persidangan Efran tidak pernah hadir sama sekali.

Feby Febiola dan Bruce Nicholas Delteil. Feby Febiola dan Bruce diketahui sudah mengarungi bahtera rumah tangga selama 12 tahun. Selama 12 tahun pernikahan mereka ini memang seringkali digosipkan pisah ranjang, meski keduanya tidak pernah mengakui dan selalu berkelit apabila dikonfirmasi mengenai kabar tersebut di hadapan media. Tetapi pada akhirnya, gosip keretakan rumah tangga mereka pun terkuak. Pada April 2013 Feby dan Bruce dinyatakan resmi bercerai setelah melewati serangkaian persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Bian “D’Bagindas” dan Samrotul Sa’diyah. Pasangan Bian dan Sa’diyah ini terpaksa menempuh jalan perceraian untuk mengakhiri mahligai rumah tangganya, dikarenakan Benny Rianto alias Bian dianggap terlalu sibuk dengan aktivitasnya sebagai vokalis dan manggung sehingga kurang memperhatikan keluarganya. Gugatan cerai ini disampaikan sang istri ke Pengadilan Agama Malang, Jawa Timur. Pada tanggal 31 Januari 2013 sidang perdana perceraian mereka digelar, namun putusan resmi bercerai dikeluarkan hakim 4 bulan setelahnya, pada tanggal 23 Mei 2013.

Camelia Malik dan Harry Capri. Pasangan Camelia Malik dan Harry Capri memang dikenal jauh dari gosip miring dalam rumah tangganya dan selalu tampil mesra di depan publik. Namun entah alasan apa, Lia, sapaan akrab Camelia Malik secara mengejutkan melayangkan gugatan cerai terhadap suaminya di Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 30 April 2013 lalu. Walaupun pasangan ini hendak melakukan perceraian, namun yang menarik mereka masih terlihat sangat mesra saat jumpa pers dan mengumumkan perceraiannya di hadapan media. Tanpa melalui proses yang panjang dan berlarut-larut akhirnya pada 20 Juni 2013 keduanya resmi bercerai.  

Lydia Kandou dan Jamal Mirdad. Pasangan beda keyakinan, Lydia Kandou dan Jamal Mirdad yang selalu terlihat mesra dan jauh dari gosip miring ini sempat dijadikan sebagai contoh pasangan yang berhasil membina rumah tangga dengan perbedaan keyakinan. Namun pada akhirnya setelah 27 tahun membina rumah tangga dan jauh dari gosip miring, pasangan ini memutuskan bercerai. Gugatan cerai dilayangkan oleh Lydia dan pada tanggal 4 Juli 2013 majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerai Lydia.
 
Henidar Amroe dan Brio Al Khoir. Kabar perceraian mantan model cantik, Henidar Amroe ini ternyata sangatlah unik. Pada awalnya tidak ada yang percaya mengenai kabar perceraian Henidar Amroe dikarenakan memang tidak pernah ada berita juga yang mengabarkan dirinya pernah menikah. Namun semua pertanyaan tersebut akhirnya terjawab melalui penjelasan Juru Bicara Pengadila Agama Depok, Jawa Barat. Juru bicara ini menjelaskan bahwa memang benar Henidar pernah menikah dengan seorang pria 24 tahun bernama Brio Al Khoir pada 2009 lalu. Namun pernikahan tersebut tidak bertahan lama, karena lima tahun setelahnya pada tanggal 8 Juli 2013 gugatan cerai yang dilakukan oleh Henidar dikabulkan oleh Majelis Hakim.

Rina Nose dan Ridwan Feberani Anwar. Pernikahan pasangan Rina Nose dan Ridwan Feberani Anwar memang tidak diketahui oleh publik, pasalnya mereka melakukan pernikahan secara diam- diam. Namun tidak hanya memutuskan untuk menikah secara diam-diam, sang komedian ini memutuskan untuk mengakhiri pernikahannya yang belum genap setahun ini secara diam-diam juga. Gugatan cerai Rina dikabulkan Pengadilan Agama Jakarta Timur pada 17 Juli 2013 lalu dan Rinapun resmi menyandang status janda yang kedua kalinya.

Cornelia Agatha dan Sony Lalwani. Perceraian Lia, sapaan akrab Cornelia Agatha sempat diisukan diwarnai dengan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang diterima oleh Lia. Menurut Lia, pernikahannya dengan Sony sudah mengalami banyak masalah sejak 2011 lalu. Lia juga mengakui bahwa Sony jarang pulang dan seringkali ringan tangan terhadap dirinya. Namun diketahui bahwa Lia tidak hanya menggugat cerai suaminya, namun juga melaporkan suaminya ke polisi atas tindakan KDRT yang dilakukannya. Gugatan cerai Lia dikabulkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 1 Agustus 2013.

Pasangan Joy Tobing dan Daniel Sinambela. Malang betul nasib Joy yang merupakan penyanyi jebolan Indonesian Idol ini. Semua pengorbanan ikhlas dilakukan untuk sang suami tercinta, namun ternyata diketahui sang suami kembali ke pelukan mantan istrinya, Debora. Gugatan cerai Joy dikabulkan Pengadilan negeri Jakarta Selatan pada 2 Oktober 2013 dan dalam putusan hakim, hak asuh anak diputuskan diserahkan kepada Joy. Joy diketahui nekat keluar dari rumah dan menikahi Daniel, meski tidak mendapat restu dari kedua orang tuanya. Selain itu, Joy juga dengan setia mendampingi sang suami saat tertimpa kasus penggelapan.

Asmirandah dan Jonas Rivanno. Pernikahan Andah, panggilan akrab Asmirandah dan Jonas Rivanno sempat menuai kontroversi. Andah dan Vanno yang diketahui menikah diam-diam secara Islam pada 17 Oktober 2013 silam sempat berbohong kepada media. Mereka berdua menyangkal telah menikah, sebelum akhirnya meminta maaf melalui media kepada semua pihak terkait yang terlibat dalam pernikahannya tersebut. Namun sebulan kemudian Andah mengajukan permohonan pembatalan perkawinan secara diam-diam pada 7 November 2013 di Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat. Alasan Andah, ada kesalahpahaman karena sang suami memutuskan kembali ke agama lamanya setelah pernikahan berlangsung.
Tidak hanya bercerai dengan Andah, Vannopun terpaksa berurusan dengan pihak kepolisian, atas laporan Front Pembela Islam (FPI) Depok yang menyebut tindakan Vanno sebagai penistaan agama. Pemberitaan mengenai Vanno dan Andah ini cukup menghebohkan dan meramaikan media massa jelang tutup tahun 2013. (MSR/pelbagai sumber)