Jokowi: Tak Boleh Ada Warga Konvoi Malam Tahun Baru

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) melarang seluruh warga melakukan aksi-aksi konvoi pada malam pergantian tahun.

“Pada malam tahun baru nanti, tidak boleh ada warga yang melakukan konvoi. Lebih baik semuanya datang saja ke acara Jakarta Night Festival (JNF),” kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (30/12/2013).

Menurut Jokowi, aksi-aksi konvoi dapat memicu terjadinya gesekan antarwarga, sehingga membuat kericuhan dan menimbulkan kerawanan di lingkungan tempat tinggal.

“Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sudah merancang JNF. Acara ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga yang ingin merayakan malam pergantian tahun,” ujar Jokowi.

Terkait dengan larangan tersebut, dia menuturkan bahwa pihaknya telah menjalin koordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk mengimbau warga tidak melakukan konvoi pada malam tahun baru.

“Saya kira kewenangan sepenuhnya ada di Polda. Maka, kami koordinasikan dengan mereka. Saya berharap seluruh warga mengikuti imbauan ini,” tutur Jokowi.

Dalam kegiatan JNF, Pemprov DKI menyediakan 12 panggung hiburan dengan lokasi yang tersebar, antara lain di Balai Kota, Silang Barat Daya Monas, Bank Indonesia, Wisma Mandiri, Gedung Jaya, Jalan Sunda, EX Center, Hotel Pullman, Bundaran HI, Jalan Pamekasan, Gedung UOB, dan Stasiun Dukuh Atas. Acara hiburan secara serentak dimulai pukul 20.00 hingga 01.30 WIB.

Masing-masing panggung akan menyajikan berbagai variasi hiburan, seperti musik tradisional, kontemporer, modern, dan lagu-lagu pop daerah nusantara.