Ray Rangkuti: Bawaslu Perlu Melacak Sumber Dana dan Pengeluaran Caleg

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) perlu melacak sumber dana dan pengeluaran setiap calon anggota DPR (caleg) untuk memastikan tidak adanya penyimpangan dalam keuangan caleg. Karena itu, direktur eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti meminta Bawaslu untuk  bergerak dan melakukan pengecekan antara fakta dengan laporan keuangan yang dibuat oleh caleg.

“Saya sendiri  meragukan laporan keuangan yang dibuat oleh sebagian caleg. Banyak yang tidak  menggambarkan hal yang sesuai dengan fakta lapangan. Misalnya, sejauh belum ada kandidat yang menyatakan telah menghabiskan dana sampai miliaran rupiah untuk kampanyenya,” tulis Ray Rangkuti dalam rilisnya yang diterima Sayangi.com Senin (30/12) malam.

Ray menegaskan agar tidak sampai  definisi kampanye dipersempit pada misalnya penyebaran sepanduk, baliho dan sejenisnya saja. Sebab, kalau merujuk pada Undang-undang Pemilu, segala sesuatu yang disumbangkan untuk kepentingan kampanye harus dilaporkan. Apakah itu dana, benda atau bahkan sumbangan sekalipun.

“Jika hanya berkaca dari laporan yang dipublikasikan di web KPU, Bawaslu tidak akan dapat melacak sumber dana caleg,” tambah Ray lagi.

Ray mendesak Bawaslu untuk bekerja lebih konkret mengawasi dana kampanye caleg. Hal ini penting karena menyangkut akuntabilitas calon pejabat kepada publik.

Seperti diberitakan sebelumnya, partai politik peserta Pemilu 2014 telah menyerahkan laporan keuangan para calegnya kepada KPU. Tanggal 27 Desember 2014 merupakan batas akhir penyerahan laporan, dan setelah itu partai politik punya kesempatan dua hari untuk memperbaikinya bila masih terdapat kesalahan atau kekurangan. (S2)