Kunyit, Obat Mujarab untuk 8 Jenis Penyakit

www.nottingham.ac.uk

Sayangi.com – Kunyit (Curcuma longa) adalah tanaman herba berimpang dari keluarga jahe-jahean (Zingiberaceae), yang berasal dari daerah tropis Asia Selatan. Tanaman ini memerlukan temperatur 20°C hingga 30°C serta curah hujan yang rutin untuk tumbuh normal.

Senyawa kimia yang terkandung dalam kunyit adalah kurkumin (sejenis senyawa polifenol) dan minyak atsiri. Kurkumin adalah senyawa aktif pada kunyit, yang terdapat dalam dua bentuk tautomer, yakni bentuk keto pada fase padat dan bentuk enol pada fase larutan.

Berdasarkan penelitian University of California pada 2004, kurkumin terbukti dapat menghambat penumpukan senyawa beta amiloid yang merusak otak penderita penyakit Alzheimer’s dan juga menguraikan plak-plak yang telah ada sebelumnya.

Diketahui pula, kurkumin merupakan senyawa penghambat MAO-A (monoamin oksidase) yang kuat pada dosis di atas 150 mg/kg. Khasiat penghambatan terhadap MAO-B ialah pada dosis di atas 550 mg/kg.

Di Indonesia, selain sebagai bumbu, kunyit juga digunakan sebagai bahan obat bahkan untuk kecantikan, baik berdiri sendiri maupun dicampur dengan tanaman obat lainnya.

Berikut delapan manfaat kunyit dan petunjuk pemakaiannya:

1. Obat penghilang bau amis saat menstruasi.

Ambil 1 jari kunyit kuning, cuci bersih iris tipis. Ambil asam Jawa 1/2 sendok teh. Campur kunyit dan asam dengan gula aren atau gula Jawa sesuai selera. Seduh dengan air satu gelas, saring, minum setelah makan siang. Lakukan selama Anda mengalami menstruasi.

2. Obat mengurangi sakit maag

Ambil 1 jari kunyit kuning, parut, peras, saring. Tambahkan 1/2 gelas air hangat dan madu sesuai selera. Minum setelah makan siang. Lakukan 7-10 hari.

3. Obat bronchitis dan batuk kronis

Ambil 1 jari rimpang kunyit kuning iris tipis-tipis, 1 jari jahe iris tipis-tipis dan gula merah secukupnya. Rebus semuanya dengan 2 gelas air hingga tinggal 1 gelas, saring. Minum sehari sekali setelah makan. Lakukan selama 5-7 hari. Jika belum sembuh, dapat diulang.

4. Obat tifus

Ambil 2 rimpang kunyit kuning, 1 batang sereh, dan 1 lembar daun sambiloto. Tumbuk semua bahan sampai halus, beri 1 gelas air matang, saring. Minum 1 hari sekali setelah makan. Lakukan selama 7 hari.

5. Obat usus buntu

Ambil 1 rimpang kunyit, kupas dan parut, ambil airnya. Ambil 1 buah jeruk nipis, peras, ambil airnya. Campur air kunyit dan air jeruk nipis dengan sedikit garam, gula aren atau gula kelapa dan segelas air matang. Minum 1 hari sekali setelah makan. Lakukan 5-7 hari, dapat diulang.

6. Obat amandel

Ambil 1 rimpang kunyit kuning, 1 buah jeruk nipis, 2 sendok makan madu. Kupas dan parut kunyit kuning. Peras jeruk nipis ambil airnya. Campur air kunyit, air jeruk nipis, madu dengan 1/2 gelas air matang. Minum sehari sekali. Lakukan selama 7 hari, dapat diulang.

7. Obat penghambat pertumbuhan tumor dan sel kanker

Ambil kunyit putih (curcuma zedoaria) 2 jari tangan. Ambil 10 lembar sambiloto dan 5 iris mahkota dewa. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tinggal 1,5 gelas. Minumlah pagi dan malam setelah makan. Lakukan selama 7-10 hari. Dapat diulang. Sebaiknya Anda pantang makan daging merah (kambing dan sapi), seafood, dan mengurangi makan telor agar hasilnya lebih maksimal dan sesuai harapan.

8. Obat diare

Ambil temu putih sebanyak 5-7 butir, cuci, parut. Minum air temu putih sehari sekali setelah makan. Lakukan selama 3-5 hari. (MD/Berbagai Sumber)