Menantu dan Mertua Saling Bacok Berebut Sawah

Sayangi.com/Doc

Sumbawa Besar, Sayangi.com– Sardiansyah (35) dan Muhammad Jude (56), keduanya berhubungan sebagai menantu dan mertua yang berebut lahan persawahan, sama-sama menderita luka tebasan senjata tajam setelah “berduel” di pesawahan Pangkrat, Desa Maronge, Kabupaten Sumbawa.

Kapolsek Plampang Iptu Mathias AW ketika dihubungi Rabu, mengatakan, perkelahian antara menantu dan kakak mertuanya itu berlatar belakang memperebutkan lahan pesawahan.

Dia melanjutkan, sebelumnya dua tahun lalu lahan itu diperebutkan oleh Muhammad Jude dengan saudara kandungnya, Saleh Jude, yang merupakan mertua dari Sardiansyah.

Persoalan ini sempat ditangani pihak Pospol Maronge, di mana lahan yang diperebutkan kemudian dikuasai oleh Saleh Jude. Akhirnya, lahan sawah itu diserahkan kepada menantunya, Sardiansyah, yang sudah setahun terakhir ini mengelolanya.

Pada Senin (30/12) siang, Muhammad Jude datang dan membajak lahan itu, yang rencananya akan digunakan untuk bercocok tanam.

Sardiansyah pun keberatan melihat aksi Muhammad Jude, hingga menegur kakak dari mertuanya itu. Saling ngotot, Sardiansyah dan Muhammad Jude akhirnya terlibat “duel” dengan sengit.

Perkelahian di lokasi pesawahan Pangkrat, Desa Maronge, Kecamatan Maronge itu mengakibatkan Sardiansyah, guru ngaji di Dusun Unter Ngengas, Desa Maronge, menderita luka di bagian wajahnya.

Sedangkan Muhammad Jude, warga Dusun Sekayu, Desa Berora, Lopok, mengalami luka serius karena dadanya tertusuk pisau dan hingga kini masih menjalani perawatan medis di RSUD Sumbawa.

“Sardiansyah kemudian mendatangi Polsek Plampang untuk melaporkan kasus itu secara resmi,” ujar Mathias.

Menurut keterangan Sardiansyah, ujar Kapolsek, dia diserang menggunakan parang, dan melakukan upaya membela diri, hingga ujung parang yang dipegang Muhammad Jude mengenai badannya sendiri.

“Keterangan ini masih sepihak, karena kami belum meminta keterangan dari terlapor (Muhammad Jude) yang kini masih berbaring di RSUD Sumbawa. Menurut informasi keluarganya, pihak Muhammad Jude juga akan melaporkan kasus yang sama,” ujar Mathias.

Dikatakan Mathias, pihaknya akan mengkoordinasikan kasus ini dengan Polres Sumbawa untuk mendapat petunjuk lebih lanjut, apakah penanganannya dilakukan di Polsek atau di Polres. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN