Investor China Berminat Garap Potensi Perikanan Ternate

Sayangi.com/Doc

Ternate, Sayangi.com – Perusahaan Beijing Grup asal China berminat menggarap potensi perikanan di Kota Ternate, Maluku Utara khususnya pengolahan ikan tuna dan cakalang dengan rencana investasi ratusan miliar rupiah.

Kepala Bidang Humas dan Protokoler Pemkot Ternate, Thamrin Marsaoli di Ternate, Rabu (1/1) mengatakan manajemen perusahaan Beijing Grup telah berkunjung ke Ternate untuk melihat potensi perikanan di daerah ini sekaligus menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan pemkot setempat.

Perusahaan Beijing Grup tertarik menggarak potensi perikanan di Kota Ternate karena daerah ini memiliki potensi perikanan yang melimpah, khususnya tuna dan cakalang yang belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh perusahaan setempat.

Selain itu, kata Thamrin Marsaoli, pihak Beijing Grup menilai infrastruktur untuk pengembangan investasi perikanan di Ternate sudah cukup memadai, seperti adanya Pelabuhan Perikanan Nusantara Bastiong Ternate dan Pelabuhan Pedaratan Ikan (PPI) Dufa-Dufa.

Banyaknya kemudahan yang diberikan Pemkot Ternate kepada investor yang berminat menanamkan modal di Ternate, seperti kemudahan perizinan dan mendapatkan lokasi usaha, juga merupakan salah satu pertimbangan bagi pihak Beijing Grup untuk menanamkan modal di daerah ini.

Menurut Thamrin, Pemkot Ternate sangat mendukung keinginan perusahaan Beijing Grup menggarap potensi perikanan di Ternate karena selain akan meningkatkan pendapatan daerah juga dapat membuka lapangan kerja baru.

Namun Pemkot Ternate berharap agar pihak Beijing Grup tidak hanya sekedar menyatakan minat, tetapi langsung ditindak lanjuti dengan realisasi usaha agar bisa segera memberi kontribusi bagi daerah ini.

“Selama ini sudah banyak investor, baik dari dalam maupun luar negeri yang menyatakan minat untuk menggarap potensi perikanan dan potensi usaha lainnya di Ternate, tetapi sampai sekarang tidak ada realisasi. Pemkot berharap Beijing Grup tidak seperti itu,” katanya. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN