PM Thailand Berharap Perdamaian di Tahun 2014

Bangkok, Sayangi.com – Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra pada Selasa berharap warga Thailand membuat upaya bersama membawa perdamaian dan keserasian kembali di negara itu pada 2014.

Dalam pesan Tahun Baru di laman Facebook-nya, Yingluck mengimbau masyarakat dengan opini politik saling bertentangan bekerja sama guna membantu negara menemukan cara demi perdamaian.

Dia juga berjanji untuk terus bekerja dengan ketekunan dan menahan diri, dan mencoba yang terbaik untuk mengembalikan keserasian untuk Thailand.

Pendaftaran calon berbasis konstituen untuk pemilihan umum 2 Februari mendatang sedang berproses di seluruh negeri, namun tidak lancar dengan penyumbatan dari para pengunjuk rasa anti-pemerintah.

Tekanan dari para pengunjuk rasa telah mendorong para pejabat pemilu lokal di beberapa provinsi untuk mengundurkan diri.

Pendaftaran pemilih diperkirakan akan berlangsung hingga 1 Januari sedangkan pendaftaran calon partai ditutup sebelumnya dengan 45 partai politik telah mendaftar.

Unjuk rasa jalanan anti-pemerintah di ibu kota mengambil jeda selama musim liburan Tahun Baru yang berlangsung sampai 1 Januari, dan diharapkan untuk kembali lebih kuat setelah liburan, menurut pemimpin demonstrasi Suthep Thaugsuban. (S2/Ant)