Inilah Tips Kebugaran Ronaldo di Luar Lapangan

Foto: Real Madrid

Cristiano Ronaldo punya cara tersendiri untuk menjaga kondisi tetap fit di tengah padatnya jadwal kompetisi yang harus ia jalani. Ronaldo tidak pernah bosan menjaga agar kondisi fisiknya selalu dalam level tertinggi.

“Recovery lebih penting dari sesi latihan karena banyaknya pertandingan yang harus saya jalani setiap tahunnya. Melemaskan otot dan beristirahat merupakan kunci dari rutinitas sehari-hari saya. Saya harus melakukannya untuk bisa tampil dalam level tertinggi dan memperpanjang karier saya,” jelas Ronaldo seperti dikutip AS.

AS juga sukses mengungkapkan sebagian kecil rutinitas Ronaldo tersebut. Yang dibahas kali ini adalah ritual Ronaldo setelah menjalani pertandingan agar kebugarannya bisa segera pulih.

Berikut adalah rangkaian rutinitas tersebut.

Selepas pertandingan, Ronaldo tidak pernah pergi makan malam atu minum-minum dengan teman-temannya. Proses pemulihan stamina Ronaldo dimulai segera setelah pertandingan berakhir.

Di ruang ganti, Ronaldo akan minum untuk mengganti cairan tubuhnya yang terkuras selama pertandingan. Makanan Ronaldo setelah laga adalah buah-buahan, sepotong pizza dan makanan ringan kaya karbohidrat.

Jika Madrid bermain di Santiago Bernabeu, Ronaldo akan segera melanjutkan proses recovery-nya di rumah. Ia biasanya akan langsung menuju rumahnya untuk menjalani berbagai sesi mandi.

Mandi pertama adalah dengan berendam di air panas (38 hingga 44 derajat Celcius) selama lima menit. Ia kemudian melanjutkan dengan mandi dingin (cryotherapy).

Menurut International Journal of Sports Medicine, mandi seperti ini merupakan salah satu cara paling cepat untuk melancarkan peredaran darah serta menyembuhkan berbagai cedera ringan yang dialami ototnya.

Setelah selesai mandi, Ronaldo biasanya akan berenang. Selain sepakbola, renang merupakan olahraga yang paling sering dilakukan Ronaldo. Nyaris setiap hari pemain asal Portugal ini berenang dengan durasi tertentu.

Setelah bertanding, Ronaldo biasanya berenang selama 20 menit. Rutinitas ini diakui Ronaldo lebih berpengaruh terhadap pikirannya. Maksudnya, dengan berenang, Ronaldo bisa sedikit banyak melupakan berbagai kejadian yang dialaminya dalam pertandingan.

Selesai berenang, Ronaldo biasanya akan mandi lagi; kali ini dengan air bertekanan tinggi. Gampangnya, Ronaldo disemprot dengan air yang cukup deras. Hal ini dipercaya bisa bisa melancarkan sirkulasi darahnya.

Selanjutnya Ronaldo juga akan melakukan mandi uap selama lima menit. Efek dari mandi uap ini adalah untuk menenangkan pikiran agar otot juga bisa rileks.

Ronaldo terbiasa menjalani tidur minimal delapan jam sehari. Tapi selayaknya manusia, Ronaldo juga bisa sulit tidur menjelang pertandingan besar karena nervous.

Pagi harinya, Ronaldo sudah merasa bugar lagi. Kondisi tubuhnya sudah kembali fit dan siap menjalani rutinitas berlatih bersama tim Madrid.