Stok Pupuk di Gudang PT Pupuk Kujang Aman

Antara

Karawang, Sayangi.com – Stok pupuk yang tersimpan di sejumlah gudang milik PT Pupuk Kujang aman untuk memenuhi kebutuhan pupuk pada musim tanam 2014.

Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Tjahjono di Karawang, Kamis (2/1), mengatakan stok pupuk aman menghadapi musim tanam 2014, di gudang lini III atau gudang tingkat kabupaten saat ini terdapat lebih dari 84 ribu ton pupuk urea.

“Untuk stok NPK sekitar 7.157 ton, dan stok pupuk organik mencapai 5.783 ton. Jadi, petani tidak perlu khawatir terkait dengan stok pupuk, karena stok pupuk yang ada saat ini masih melimpah,” katanya.

Ia mengakui kalau pada tahun 2013 terjadi kendala dalam memproduksi pupuk, karena terjadi kerusakan mesin di dua pabrik yang dimiliki PT Pupuk Kujang.

Tetapi kerusakan mesin di dua pabrik itu tidak berdampak terhadap stok pupuk, dan hanya berdampak terhadap pencapaian target produksi pupuk pada tahun 2013.

Menurut dia, hingga akhir tahun 2013, produksi urea hanya mencapai 885 ribu ton atau terealisasi 91 persen dari target 970 ribu ton. Kemudian untuk NPK, terealisasi 148 ribu ton atau 66 persen dari target 225 ribu ton.

Selanjutnya pupuk organik hanya mampu mencapai 25 ribu ton atau sekitar 63 persen dari target produksi 40 ribu ton. Produksi amoniak mencapai 581 ribu ton atau sekitar 91 persen dari target 638 ribu ton.

“Tidak tercapainya produksi itu akibat terjadi kerusakan mesin di dua pabrik, mengakibatkan pabrik 1A berhenti produksi selama 82 hari. Sedangkan pabrik 1B berhenti selama 30 hari,” kata dia.

Dalam mengantisipasi hal itu, PT Pupuk Kujang akan melakukan perbaikan mesin di kedua pabrik secara menyeluruh pada tahun 2014. Selain itu, juga meningkatkan monitoring peralatan yang berpotensi tinggi mengalami kerusakan. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN