Harga Karet di Sejumlah KUD Sumsel Bervariasi

hasanzainuddin.wordpress.com

Palembang, Sayangi.com – Harga karet petani yang dipasarkan melalui lelang antar Koperasi Unit Desa masing-masing daerah di Sumatera Selatan hingga Rabu bervariasi, namun tertinggi kisaran Rp16.459 per kilogram.

Harga tersebut dipantau melalui sejumlah pasar lelang Koperasi Unit Desa (KUD) di Sumatera Selatan, kata Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Sumsel, Benyamin, di Palembang, Kamis (2/1).

Ia menjelaskan, harga karet petani tertinggi melalui pasar lelang KUD Serasan Jaya Kabupaten Muaraenim slab giling satu bulan Rp16.459 epr kg.

Sedangkan terendah melalui pasar lelang Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Desa Regan Agung Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin umur bahan olah karet (Bokar) satu minggu tertinggi UPPB Lavender Rp10.850 per kg, terendah UPPB Usaha Bersama Rp10.800 per kg.

Menurut dia, harga karet tersebut diperoleh berdasarkan informasi melalui sejumlah pasar lelang KUD di sejumlah daerah di Sumsel.

“Jadi Dinas Perkebunan Sumsel setiap pekan secara rutin menerima laporan perkembangan harga karet dari sejumlah pasar lelang KUD tersebut,” katanya.

Menurut Benyamin, naik dan turunnya harga bokar petani yang dijual melalui pasar lelang tersebut karena menyesuaikan perkembangan perdagangan komoditas itu di pasaran tingkat pabrik di Palembang.

Di samping itu, juga disesuaikan dengan perkembangan harga di luar negeri, karena sebagian besar hasil bokar diekspor ke sejumlah negara konsumen.

Sementara, petugas pasar lelang Rozi Desa Regan Agung, dan Angga, petugas pasar lelang KUD Serasan Jaya menyebutkan, karet yang dijual melalui pasar lelang tersebut dibeli dari petani oleh pedagang pengumpul.

Sejumlah pedagang pengumpul membeli karet langsung dari petani, selanjutnya dijual ke pasar lelang KUD, tetapi ada juga yang menjual ke pabrik di Palembang.

Data Dinas Perkebunan Sumsel menyebutkan, dari karet yang dijual melalui pasar lelang tersebut adalah dihasilkan sejumlah daerah sentra produksi di Sumatera Selatan antara lain dari Kabupaten Muaraenim, Banyuasin, Musibanyuasin, Lahat, Musirawas, Ogan Komering Ilir dan Ogan Komering Ulu dengan total luas mencapai satu juta hektare lebih. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN