Ini Tiga Terapi Sederhana Mengatasi Ambeien

Sayangi.com/Istimewa

Sayangi.com – Rasa malu, umumnya membuat penderita ambeien menyembunyikan penyakitnya. Padahal di tingkat tertentu, misal mengeluarkan darah saat buang air besar (BAB), beresiko penderita terkena anemia (kurang darah). Tentu itu akan membuat aktivitas sehari-hari terganggu.

Kini tersedia beragam obat ambeien, produk kimia maupun herbal hingga operasi medis. Ada juga obat-obatan tradisional yang sudah diwariskan secara turun temurun. Di luar itu ternyata ada terapi sederhana. Ini dia 3 terapi sederhana mengatasi ambein.

1. Kompres Dengan Es

Penderita ambeien umumnya ada tonjolan dan terasa nyeri sehabis BAB. Untuk menghilangkan rasa nyeri itu, anda bisa mengompresnya menggunakan es. Tujuannya untuk mengempeskan kembali pembengkakan pembuluh darah pada anus.

Caranya cukup pecahkan es batu menjadi bagian-bagian kecil, namun jangan terlalu kecil karena akan mudah habis. Selanjutnya masukkan es batu ke kantong bersih dan gunakan untuk mengompres bagian yang nyeri pada anus.

Agar hasilnya maksimal sebaiknya anda lakukan terapi ini sesering mungkin sesuai dengan daya tahan anda, namun jangan juga terlalu dipaksakan karena sesuatu yang dipaksakan tentu berakibat tidak baik.

2. Rajin Membersihkan Area Anus

Agar ambeien yang anda alami segera sembuh, sebaiknya anda rajin-rajin membersihkan area sekitar anus, terutama sehabis buang air besar. Jangan menggunakan sabut karena akan berisiko menyebabkan iritasi. Cukup bersihkan menggunakan tisu basah yang lembut dengan tujuan untuk menghindari pembengkakan dan infeksi yang lebih parah.

3. Berendam Air Hangat

Terapi lainnya adalah berendam air hangat. Hal ini bertujuan meregangkan dan menenangkan otot-otot di daerah anus. Selain itu hal ini juga bertujuan melancarkan peredaran darah di bagian anus sehingga tidak ada penghambatan yang menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah.

Caranya cukup berendam dalam air hangat selama 10-15 menit. Lakukan terapi ini 2-3 kali sehari agar hasilnya maksimal. Selain manfaat di atas, manfaat lain dari berendam dalam air hangat ini adalah untuk menghilangkan rasa nyeri akibat ambeien yang anda alami.

Selamat mencoba. (MD/berbagai sumber)

Berita Terkait

BAGIKAN